Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta
wbs

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini175
mod_vvisit_counterKemarin860
mod_vvisit_counterMinggu ini3064
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5249
mod_vvisit_counterBulan ini16444
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1031236

Online (20 menit yang lalu): 13
IP Anda: 18.232.53.231
,
Hari ini: 21 Agus, 2019
Info Teknologi
KAJIAN PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KEDELAI DI KALIMANTAN TIMUR PDF Cetak E-mail
Oleh fitri h   
Selasa, 06 Juli 2010 10:14


Dalam kelompok tanaman pangan, kedelai merupakan komoditas terpenting ketiga setelah padi dan jagung. Selain itu kedelai merupakan komoditas palawija yang kaya akan protein nabati, suatu zat yang sangat diperlukan dalam rangka peningkatan gizi masyarakat karena selain aman bagi kesehatan juga relatif murah dibandingkan sumber protein hewani.
Produksi kedelai di Kalimantan Timur masih belum mampu memenuhi kebutuhan konsumsinya. Konsumsi kedelai tahun 2007 sebesar 21.047 ton, namun yang bisa dipenuhi dari produksi lokal Kaltim dan Sulawesi hanya 2.535 ton atau sekitar 8,54% saja. Kebanyakan masih tergantung dari pasokan kedelai impor. Salah satu upaya untuk meningkatkan produksi kedelai adalah dengan peningkatan produktivitas melalui penerapan teknologi budidaya.

Pertanaman Kedelai 18 HST di KP Samboja Dalam kegiatan kajian peningkatan produktivitas kedelai ini diuji 3 macam perlakuan yaitu penambahan bahan organik (BO), penggunaan mulsa organik dan varietas unggul kedelai. Bahan organik diperlukan sebagai bahan pembenah tanah dan untuk menambah kandungan hara di dalam tanah. Tanah di Kalimantan Timur umumnya memiliki kandungan hara yang rendah dan daya pegang airnya rendah sehingga air siraman akan cepat hilang sebagai air gravitasi. Penambahan BO diharapkan dapat memperbaiki struktur dan tekstur tanah sehingga meningkatkan kemampuan tanah memegang air. Selain itu tanah yang remah juga lebih baik bagi pertumbuhan akar tanaman. Pemberian mulsa organik dilakukan untuk mengurangi kehilangan air akibat transpirasi dan menekan pertumbuhan gulma terutama saat tanaman kedelai masih kecil.

 

 

 

 

 

 

 

1. Perlakuan PUKAN 10 T/Ha, Tanpa Mulsa, Var. Panderman

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Perlakuan tanpa PUKAN , Tanpa Mulsa, Var. Panderman

Perlakuan penambahan BO berupa pupuk kandang ayam terdiri dari kontrol (tanpa BO), BO 5 ton/ha dan BO 10 ton/ha. Sedangkan untuk mulsa organik bahan yang digunakan adalah jerami padi, perlakuannya tanpa mulsa dan dengan mulsa. Varietas unggul yang digunakan dalam pengkajian ini adalah Anjasmoro dan Panderman yang keduanya merupakan varietas berbiji besar. Pengkajian disusun dalam Rancangan Petak Terbagi-Berjalur dengan 3 blok sebagai ulangan. Penanaman dilaksanakan tanggal 6 Mei 2010 di Kebun Percobaan Samboja.

 

 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com