Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
upg
Portal PPID
wbs
Katam
Suplemen Sinta

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini668
mod_vvisit_counterKemarin884
mod_vvisit_counterMinggu ini668
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir3466
mod_vvisit_counterBulan ini9108
mod_vvisit_counterBulan Terakhir35849
mod_vvisit_counterSemua hari1394143

Online (20 menit yang lalu): 15
IP Anda: 18.207.240.230
,
Hari ini: 12 Jul, 2020
Info Teknologi
Perangkap Likat Kuning PDF Cetak E-mail
Oleh tim kp sempaja   
Sabtu, 13 Juni 2020 15:01

Gangguan organisme pengganggu tumbuhan (OPT) merupakan salah satu kendala yang dihadapi petani dalam usaha taninya.

Karena tanaman yang telah terserang OPT dipastikan akan mengalami penurunan produktivitas hasil. Untuk itu petani akan melakukan segala cara dalam mengendalikan OPT, tidak hanya menggunakan bahan-bahan kimia, pengendalian OPT ternyata bisa juga menggunakan bahan alami yang ramah lingkungan.

Salah satu metode pengendalian hama yang ramah lingkungan dan banyak diterapkan adalah adalah menggunakan perangkap likat kuning (yellow sticky trap), terutama untuk OPT jenis serangga.

Perangkap likat kuning (yellow sticky trap) merupakan pengendalian yang dirancang berdasarkan preferensi serangga terhadap suatu warna tertentu. Secara umum, serangga tertarik dengan cahaya, warna, aroma makanan atau bau tertentu, dimana warna yang disukai serangga biasanya warna-warna kontras seperti warna kuning cerah. Hal itu dikarenakan berdasarkan penelitian warna yang paling disukai oleh serangga adalah warna kuning.

Berikut cara pembuatan likat kuning (yellow sticky trap).

Alat dan bahan : botol air kemasan 1500 ml, cat kayu/besi warna kuning, tiner/pengencer cat, plastic bening, lem tikus, ajir, tali raffia, gunting dan solasi.

Cara pembuatannya:

  1. Bersihkan botol air mineral;
  2. Kemudian encerkan cat menggunakan tiner lalu cat dimasukkan kedalam botol air mineral menggunakan corong sebanyak sepertiga bagian botol;
  3. Setelah itu botol ditutup dan diputar sehingga cat yang ada didalam botol bisa mewarnai seluruh permukaan dalam botol;
  4. Setelah pengecatan selesai diamkan botol yang sudah dicat selama sehari semalam hingga kering;
  5. Setelah cat di dalam botol kering, lapisi botol dengan plastik bening, lalu diberikan lem tikus yang sudah diencerkan dengan tiner sebagai perekat (atau bisa juga menggunakan lem perekat yang memiliki kandungan sex feromon agar hama terutama lalat buah tertarik kemudian hinggap langsung menempel dan mati karena tidak bisa terbang kembali.
  6. Perangkap likat kuning siap diaplikasikan dilapang/areal pertanaman;
  7. Pemasangan perangkap likat kuning diikat pada ajir dengan ketinggian satu jengkal diatas tajuk tanaman.
  8. Setelah beberapa hari atau setelah permukaan plastik penuh dengan serangga yang menempel, sebaiknya plastic dilepas kemudian diganti plastik baru yang sebelumnya juga sudah diolesi lem perekat.

Perangkap likat kuning mampu mengendalikan beberapa hama seperti lalat buah, wereng, aphids, thrips, kutu, ngengat dan kepik. **dari berbagai sumber.

 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com