Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
Suplemen Sinta
upg
Katam
pustaka
Portal PPID

Media Sosial

Agenda Januari 2021

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini364
mod_vvisit_counterKemarin1579
mod_vvisit_counterMinggu ini1943
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir14046
mod_vvisit_counterBulan ini20709
mod_vvisit_counterBulan Terakhir51103
mod_vvisit_counterSemua hari1704765

Online (20 menit yang lalu): 30
IP Anda: 3.238.240.197
,
Hari ini: 12 Apr, 2021
Info Teknologi
Mengenal lebih dekat combine harvester (alat panen padi) PDF Cetak E-mail
Oleh Widyanto   
Sabtu, 13 Maret 2021 13:33

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan combine harvester atau alat panen padi.

Banyak jenis alat ini, salah satunya Combine Harvester Mini yaitu mesin panen padi hasil modifikasi dari mesin panen modern yang terdiri dari : (1) Unit pemotong (cutter bar) dengan auger pengumpan, (2) Unit perontok, padi yang terpotong dirontokkan dalam silinder, (3) Unit pembersih, terdiri dari saringan pemisah, butiran gabah kering panen (gkp) dipisah dan ditampung dalam penampung wadah dan jerami dibuang keluar melalui kipas dan (4) Unit penampung gabah, terdiri dari pengangkut butir gabah dan disalurkan ke penampungan gabah.


Prinsip kerja dari mesin panen combine harvester mini adalah (1) menggaet dan mengarahkan tanaman menuju bagian pemotong (reel), (2) menggunting/memotong tanaman padi (cutting platform), (3) mengumpankan hasil (bagian malai) padinya ke bagian perontok (4) merontok butir padi dari tangkainya (threshing), (5) memisahkan gabah dan kotoran (separation and cleaning) dan (6) memotong dan menghancurkan jerami (chopping). Kegiatan potong-angkut-rontok-pembersihan-sortasi-pengantongan dalam satu proses kegiatan yang terkontrol merupakan kelebihan dari fungsi kompleks combine harvester , sehingga tidak memerlukan tenaga kerja yang banyak.

Penggunaan tenaga

kerja petani untuk proses panen dengan mesin combine harvester hanya 3 orang/mesin permanen dengan rincian 1 orang operator combine harvester dan 2 orang pemasang karung gabah , dengan

demikian meningkatkan nilai tambah dan memacu daya saing produk pertanian sesuai dengan preferensi petani.


Dalam pengoperasian alat combine harvester ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut :

 

  1. Persiapan alat sesuai dengan standar penggunaan dari produsen alat seperti pengecheckan oli mesin, oli hidrolik, air radiator, kekencangan van belt dan posisi roller penggerak utama.
  2. Mengenali secara detail karakter lahan sawah yang akan dipanen,  pada awal sebelum combine turun sawah. Asisten operator masuk mengechek sawah lokasi yang akan dipanen untuk mengetahui titik mana saja yang terdapat lumpur dalam atau titik dimana combine dapat mengalami kesulitan dalam bermanuver. Titik tersebut diberi tanda turus atau kayu yang ditancapkan sehingga operator dapat mengetahuinya.
  3. Keselamatan kerja atau safety dalam pengoperasian combine. Operator combine sebaiknya duduk dalam posisi nyaman dan aman dalam ruang operator dan memakai sabuk pengaman. Hal ini untuk meminimalisir resiko terjadinya kecelakaan saat combine dioperasikan. Karena beberapa kasus yang pernah terjadi di Indonesia, kelalaian pengoperasian saat mengoperasiksn combine bisa membuat sang operator kehilangan nyawanya. Misal : kemungkinan operator terjatuh atau terlempar ke bucket/mesin pemotong.

 

 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com