Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
Katam
wbs
Suplemen Sinta
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini244
mod_vvisit_counterKemarin774
mod_vvisit_counterMinggu ini4768
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir7397
mod_vvisit_counterBulan ini18090
mod_vvisit_counterBulan Terakhir28118
mod_vvisit_counterSemua hari1085645

Online (20 menit yang lalu): 11
IP Anda: 3.85.245.126
,
Hari ini: 18 Okt, 2019


Temu Karya PENAS XIII KALTIM PDF Cetak E-mail
Oleh Bachrian P   
Kamis, 23 Juni 2011 17:12
KARYA INOVATIF PETANI DIPRESENTASIKAN PADA ACARA TEMU KARYA
PADA PEKAN NASIONAL PETANI NELAYAN (PENAS) XIII TAHUN 2011
KUTAI KERTANEGARA, KALIMANTAN TIMUR
19-21 JUNI 2011

Salah satu kegiatan yang turut mewarnai kemeriahan even akbar di Kalimantan Timur ini adalah ”TEMU KARYA”.
Temu Karya merupakan pertemuan antar sesama kontaktani-nelayan untuk saling tukar menukar pengalaman dalam rangka mengembangkan usahataninya dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, kemampuan dalam menyampaikan gagasan atau pengalaman kepada orang lain sehingga dapat tumbuh kepercayaan dan kemampuan untuk lebih memacu diri dalam menerapkan teknologi yang dikembangkan. Pengetahuan dan pengalaman berusahatani dari tiap daerah tentunya memiliki kekhasan tersendiri yang dapat diceritakan kepada petani dari daerah lain sebagai proses pembelajaran, khususnya untuk pengembangan pengetahuan lokal (local knowledge).
Temu Karya berlangsung pada tanggal 19-21 Juni 2011, bertempat di Ruang Pemanasan 4 Stadion Madya Aji Imbut, Desa Perjiwa, Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.
Peserta Temu Karya yang berpartisipasi aktif lebih kurang 240 (duaratus empat puluh) orang yang berasal dari 33 (tiga puluh tiga) provinsi. Animo dan antuasias peserta untuk mengikuti temu karya sangat baik dengan selalu penuhnya kehadiran peserta selama tiga hari pelaksanaan. Ada 39 penyaji yang menampilkan karyanya untuk dipresentasikan. Sebagai narasumber sekaligus evaluator/penilai yang diketuai oleh Ir. Muchdat Widodo, MM berasal Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Pertanian Bogor, BPTP Kaltim, Unmul dan Untag Samarinda,
Kegiatan Temu Karya telah dilaksanakan dengan baik, lancar dan sukses. Acara pembukaan pada tanggal 19 Juni 2011 didahului dengan pembacaan sambutan dan laporan oleh Ketua Temu Karya Provinsi Kaltim Drs. H. Hazairin Adha, MM (Kepala Dispenda Prov. Kaltim), dan selanjutnya dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur H. Farid Wajdy.
Hasil penilaian evaluator sebagai penyaji terbaik sebagai berikut :
JUARA :

I
Pengendalian Hama PBK dengan Sarungisasi Buah Kakao di Kec Samarinda Utara oleh H. Darwis KTNA Kota Samarinda ( KALTIM)
II
Pembuatan Pupuk Organik Menggunakan Bahan Dasar Keong Mas oleh Marioto, RROP. SUMATERA UTARA
III
Pemanfaatan Tanaman Spesifik Lokal Sebagai Pestisida Organik Di Papua Barat oleh Sunarman KTNA Kab. Manokwari (PAPUA BARAT)
IV
Budidaya Melon Non Konvensional oleh Ali Imron KTNA Banyuwangi (JAWA TIMUR)

JUARA FAVORIT

I

Teknologi Usaha Pembibitan Kol Bunga (Brassica oleracea) oleh Suhadi KTNA Kabupaten Rejang Lebong (BENGKULU)
II

Pengalaman Mengembangkan Kearifan Lokal Suku Dani Menjadi Teknologi Mina Wen Hipere oleh Ruben Lokobal KTNA Kabupaten Jayawijaya (PAPUA)

III

Alat Pemupuk Sistem Larikan pada Budidaya Bawang Merah Lokal Palu oleh Agfar KTNA Kabupaten Donggala (SULAWESI TENGAH)
IV

Optimalisasi Polen (bunga jantan) dalam rangka Produksi Salak Pondoh Sepanjang tahun oleh Damawan KTNA K ab.Sleman (DI YOGYAKARTA)

Para finalis dan pemenang menerima piagam dan penghargaan/hadiah yang menarik dari panitia yang diserahkan dalam acara penutupan.
Tanggal 21 Juni 2011 (Hari ke 3), Temu Karya ditutup secara resmi oleh Ketua Temu Karya Pusat/KTNA Nasional Dr. Rosihan Anwar, didampingi Ketua Seksi Temu Karya Provinsi, dan Ketua Temu Karya Kabupaten, serta seluruh panitia dan peserta Temu Karya.

 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com