Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Portal PPID
wbs
Katam
Suplemen Sinta
pustaka
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini791
mod_vvisit_counterKemarin1372
mod_vvisit_counterMinggu ini5984
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir9138
mod_vvisit_counterBulan ini7289
mod_vvisit_counterBulan Terakhir34224
mod_vvisit_counterSemua hari1426548

Online (20 menit yang lalu): 23
IP Anda: 54.236.59.154
,
Hari ini: 06 Agus, 2020


Pertanian Terus Beraksi, Takkan Berhenti. PDF Cetak E-mail
Oleh tim redaksi   
Rabu, 10 Juni 2020 19:41

Kalimantan Timur.., tanah benua Etam di ujung timur pulau Kalimantan, memiliki wilayah yang berbatasan langsung dengan negara jiran Malaysia, merupakan satu dari wilayah di Indonesia yang memiliki wilayah yang cukup luas dengan jumlah penduduk yang diprediksi tahun ini akan mencapai 3,7 juta jiwa (BPS Kaltim).

Dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk di wilayah ini, dapat dipastikan kebutuhan pangan di wilayah Kaltim juga akan meningkat. Untuk itu ini pemerintah melalui Kementrian Pertanian dan instansi serta dinas terkait selalu berupaya melaksanakan kegiatan untuk menjaga kestabilan pasokan pangan di Kalimantan Timur.

Meskipun data terakhir di laman pemprov.Kaltim menyebutkan bahwa kontribusi sektor pertanian terhadap PDRB hanya sebesar 7,62 % dan mampe menyerap tenaga kerja terbanyak sampai 20,52%, tetap saja sektor pertanian merupakan satu diantara sektor penting pergerakan ekonomi dan kehidupan bagi masyarakat Kalimantan Timur.

Sejarah bahkan telah menorehkan kisah bahwa pertanian tak kan pernah berhenti, bahkan masa pandemi terbukti tidak bisa menghentikan aktivitas di sektor ini.

Bahkan, saat memasuki masa NewNormal, geliat aktivitas pertanian semakjn menunjukkan grafik yang terus menanjak. Dalam minggu ini, di hari ini tercatat beberapa wilayah di Kalimantan Timur bahkan melaksanakan tanam, diantaranya Kec. Tenggarong Seberang dan Samboja (Kab. Kutai Kartanegara), Kec. Kaubun (Kab. Kutai Timur), Kec. Paser Belengkong (Kab. Paser), dan Kec. Gunung Tabur (Kab. Berau).

Semoga tanam hari ini akan memberikan hasil yang maksimal untuk tetap menjaga ketersediaan pangan masyarakat.

Untuk periode tanam kali ini beberapa varietas unggul padi rekomendasi Kementerian Pertanian yang telah di uji adaptasikan kembali dibudidayakan oleh petani, diantaranya varietas padi mekongga, inpago 8, inpari 32 dan Inpari Ir Nutri Zinc

 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com