Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
wbs
Suplemen Sinta
Katam
LPSE
Portal PPID
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini698
mod_vvisit_counterKemarin1303
mod_vvisit_counterMinggu ini2001
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir11398
mod_vvisit_counterBulan ini29981
mod_vvisit_counterBulan Terakhir39245
mod_vvisit_counterSemua hari1927180

Online (20 menit yang lalu): 44
IP Anda: 44.192.254.246
,
Hari ini: 20 Sep, 2021
Sebaiknya Anda Tahu
Sapi PO : Produktivitasnya Baik di Iklim Tropis Basah Kalimantan Timur PDF Cetak E-mail
Oleh Ludy K dan Setyawan   
Selasa, 27 April 2021 07:48

Sapi Peranakan Ongole (sapi PO) di IP2TP Samboja, BPTP Kalimantan Timur pada awalnya adalah sapi bantuan/hibah dari Loka Penelitian Sapi Potong Grati Pasuruan Jawa Timur tahun 2015. Sapi PO ini dapat bereproduksi dengan baik, rata-rata 2 bulan setelah beranak (Juni 2020) induk-induk sapi PO sudah menunjukkan tanda-tanda birahi dengan jelas, sehingga induk segera dikawinkan dengan sapi PO pejantan yang ada (kawin Juli 2020) dan anak sapi/pedet disapih pada umur 6 bulan, hal ini tidak mempengaruhi kebuntingan sapi, sehingga saat ini diperkirakan bulan Mei-Juni 2021 sudah beranak kembali. Hal ini menunjukkan kinerja reproduksi sapi PO yang baik di IP2TP Samboja.


Adapun pakan yang diberikan berupa ampas tahu/kulit kedelai/bungkil sawit sebanyak 5% dari berat badan dan hijauan diberikan sebanyak 10% dari berat badan sapi. Sapi PO sering disebut sebagai sapi lokal atau sapi jawa atau sapi putih. Sapi PO ini merupakan hasil persilangan antara pejantan sapi Sumba Ongole (SO) dengan sapi betina jawa yang berwarna putih. Sapi Ongole (Bos Indicus) sebenarnya berasal dari India, termasuk tipe sapi pekerja dan pedaging yang disebarkan di Indonesia sebagai sapi Sumba Ongole (SO). Warna bulu sapi Ongole sendiri adalah putih abu-abu dengan warna hitam di sekeliling mata, mempunyai gumba dan gelambir yang besar menggelantung.

Saat mencapai umur dewasa , sapi jantan mempunyai berat badan kurang dari 600 kg dan yang betina kurang dari 450 kg. Berat hidup sapi PO bervariasi, mulai dari 220 kg hingga mencapai sekitar 600 kg. Sapi PO mempunyai daya adaptasi yang tinggi terhadap perbedaan kondisi lingkungan dan sapi ini mempunyai tenaga yang kuat. Sapi PO yang murni saat ini mulai sulit ditemukan, karena telah banyak disilangkan dengan sapi Brahman. Aktivitas reproduksi induknya cepat kembali normal setelah beranak, sedangkan jantannya memiliki kualitas  semen yang baik. Keunggulan lain sapi PO adalah : tahan terhadap perubahan iklim dan ekto dan endoparasit, pertumbuhan relatif cepat walaupun adaptasi terhadap pakan kurang serta persentase karkas dan kualitas daging yang baik.

 

sumber : Laporan Teknis Ternak Sapi PO IP2TP Samboja tahun 2020 dan Litbang Pertanian Tahun 2015.

 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com