Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Katam
upg
pustaka
Suplemen Sinta
wbs

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini975
mod_vvisit_counterKemarin1260
mod_vvisit_counterMinggu ini7617
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir7887
mod_vvisit_counterBulan ini34507
mod_vvisit_counterBulan Terakhir42941
mod_vvisit_counterSemua hari1347892

Online (20 menit yang lalu): 18
IP Anda: 3.230.154.129
,
Hari ini: 30 Mei, 2020
Berita
Kerja3ersama Team KP BPTP Kaltim kala Covid Mewabah PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Saut Edo M   
Sabtu, 11 April 2020 18:49

Saat ini, Bumi Pertiwi benar-benar bersedih., bangsa ini turut merasakan bencana yang tidak pernah terfikirkan akan terjadi begitu dasyatnya, yaitu wabah Covid19 (Corona Virus 2019). Penyebaran virus yang sangat cepat menyebabkan beberapa sektor usaha di Negeri gemah ripah loh jinawi ini dipaksa untuk berhenti sejenak demi memutus rantai penyebaran virus yang cukup meresahkan ini.

Pemerintah bahkan harus membuat kebijakan yang sulit saat semua kegiatan pelayanan baik di sektor swasta maupun pemerintahan harus dilakukan secara tidak langsung karena diberlakukannya sistem WFH (Work From Home).

Akan tetapi, untuk sektor pertanian, mekanisme pemberlakuan sistem dilakukan secara kondisional mengingat sektor ini adalah sektor penting yang menghasilkan pangan bagi masyarakat.

Untuk itu menurut Menteri Pertanian (Sahrul Yasin Limpo) yang dikutip dari salah sath laman pemberitaan online, menyatakan bahwa jika itu terkait urusan pangan maka seharusnya tidak ada isolasi, yang ada adalah distribusi. Karena wabah ini telah membuat beberapa sektor usaha ekonomi menurun. Maka satu satunya yang harus bertahan adalah pertanian. Menteri Pertanian juga menghimbau agar tim Kementerian pentanian tetap semangat dan mampu memberikan semangat kepada para pejuang pertanian lainnya. Karena sektor pertanian tidak boleh berhenti agar dapat memenuhi kebutuhan pangan seluruh masyarakat.

Untuk itu tim BPTP Balitbangtan Kalimantan Timur selaku unit kerja Kementerian Pertanian di daerah tetap melakukan aktivitas pertanian meski dalam setiap aktivitasnya harus memperhatikan standar operasional kesehatan, demi terhindar dari virus yang tengah mewabah seperti hal nya saat ini.

Geliat kegiatan tim BPTP salah satunya di lakukan di Kebun Percobaan (KP). BPTP memiliki 3 KP di 3 lokasi yang berbeda (Sempaja, Lempake dan Samboja (Kab.Kukar) yang menjadi sarana penelitian dan pengembangan sektor pertanian sebelum direkomendasikan secara luas bagi masyarakat. Ditengah kondisi saat ini, tim KP tetap beraktivitas seperti biasa, berbagai aktivitas seperti budidaya, merawat tanaman dan hewan bahkan panen beberapa komoditas yang telah ditanam di KP.

Beberapa komoditas pertanian yang telah dipanem oleh tim KP yaitu padi dengan varietas Inpari 64 NutriZinc (VUB padi yang dilepas oleh Kementan di tahun 2019), cabai, timun bahkan beberapa sayuran lainnya yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat saat ini.

“Kita tidak dapat memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat, akan tetapi kita dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar. Bila semua melakukan hal yang sama, tidak dipungkiri, kebutuhan pangan akan tetap terpenuhi walau pandemi covid19 masih belum dapat terhenti.” Begitu ujar Ka.BPTP (Dr.Muh.Amin) saat dikonfirmasi terkait aktivitas yang dilakukan oleh tim KP.

Sementara itu Kasie.KSPP (Margaretha., M.Sc) sebagai penanggung jawab aktivitas di KP menyatakan "Kita akan tetap melakukan aktivitas budidaya pertanian, meski wabah ini mampu menhentikan pergerakan manusia, wabah ini tidak akan menghentikan semangat kita., karena kita masih yakin tanah kita tak kan mampu dihentikan untuk menghasilkan pangan bagi masyarakatnnya"., ujarnya kepada tim KP, "Dan kita mesti yakin, tanah kita adalah tanah surga, bahkan tongkat kayu ditanam pun bisa jadi tanaman kan..." lanjut Margaretha sembari tersenyum saat melihat turus lada yang dibudidayakan di KP. Samboja

 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com