Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini457
mod_vvisit_counterKemarin752
mod_vvisit_counterMinggu ini1866
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini15866
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1030658

Online (20 menit yang lalu): 11
IP Anda: 3.81.28.94
,
Hari ini: 20 Agus, 2019
Berita
BPTP Kaltim siap Dukung Pengembangan Klaster Padi di Bulungan. PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Margaretha   
Rabu, 03 Juli 2019 07:21

Musim tanam (MT-1) tahun 2019 ini, petani padi sawah di Kec. Tanjung Palas Utara hampir semuanya menanam secara serempak. Ditandai dengan dilaksanakannya "Acara panen" di Kelompok Tani Maju Makmur pada kawasan 70 ha pada hari Sabtu (29/6).  Hadir saat panen Bupati Bulungan (H.Sudjati), DPRD, Dandim 0903/TSR, Kadistan Kab. Bulungan, Bappeda, BPTP Kaltim, BI Kaltara, Polres,  BPS, PU, Disperindagkop, KTNA, PPL, Babinsa, petani dan masyarakat di Desa Karang Agung.

Tersedianya air yang didukung cuaca dan keyakinan petani atas keberhasilan tanam pada MT-1 tahun sebelumnya , BPTP Kaltim mendampingi dan terus mendorong petani sehingga terjadi peningkatan Indeks Pertanaman (IP) dari 100 menjadi 200 dan 200 menjadi 300.

H. Sudjati  menyebutkan, untuk panen padi kali ini, ada sebanyak 70 hektare yang akan siap dipanen oleh petani tepatnya di Desa Panca Agung yang merupakan sisa dari ratusan hektare yang tersebar di beberapa lokasi di Tanjung Palas Utara. Adapun padi yang dipanen merupakan hasil penerapan IP 300 (3 kali tanam dalam setahun).

Kegiatan panen tersebut juga dirangkai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Pemerintah Kabupaten Bulungan dengan Bank Indonesia Kaltara, BPTP Kaltim dan Komando Distrik Militer 0903/TSR Bulungan tentang Pengembangan Klaster Komoditas Padi di Kabupaten Bulungan.

Melalui kerjasama ini diharapkan dapat semakin membantu para petani mengembangkan usaha pertanian. “Hal ini sesuai visi mewujudkan Kabupaten Bulungan sebagai pusat pangan berbasis agroindustri,” lanjut H, Sudjati.

BPTP Kaltim yang diwakili oleh KSPP Margaretha juga menyampaikan bahwa BPTP Kaltim merupakan Instansi Vertikal kementerian Pertanian di bawah badan Litbang Pertanian yang memiliki tugas Pengkajian, Perakitan dan Pengembangan Teknologi Pertanian.

Wilayah Kaltara hingga saat ini masih merupakan wilayah kerja dari BPTP Kaltim dan akan terus mendampingi dan membantu petani dalam mengadopsi teknologi apa yang sesuai dengan daerah ini, untuk meningkatkan pertanian di Bulungan, hingga terbentuknya BPTP Kaltara" pungkasnya.

H. Sudjati memberikan apresiasi terhadap BPTP Kaltim dan akan mendukung rencana pendirian BPTP Kaltara di Bulungan. Hal ini disampaikan karena dukungan inovasi peningkatan hasil padi sudah terlihat dengan adanya IP 300 di Kec. Tanjung Palas ini. Setelah panen bersama acara dilanjutkan dengan peresmian pabrik beras

 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com