Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini119
mod_vvisit_counterKemarin620
mod_vvisit_counterMinggu ini739
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5249
mod_vvisit_counterBulan ini14119
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1028911

Online (20 menit yang lalu): 7
IP Anda: 35.175.120.59
,
Hari ini: 18 Agus, 2019
Berita
BPTP Kaltim bekerjasama dengan Pertamina Berdayakan Peternak Sanga Sanga PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sundari dan Ria W   
Rabu, 03 Juli 2019 20:44

Bertempat di Ruang Training Center, PT Pertamina EP dilaksanakan kegiatan Pelatihan dan Benchmarking Penggemukan Sapi yang diikuti oleh dua kelompok ternak Desa Sanga sanga Dalam, Kecamatan Sanga Sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara.(Rabu, 03 Juli 2019) Acara juga dihadiri oleh Field manager PT. Pertamina EP,  Danramil SangaSanga, Kapolsek Sanga Sanga, Perwakilan dari Kecamatan Sanga Sanga, Lurah Sanga Sanga Dalam, Kepala UPT Penyuluh Pertanian dan Peternakan Kec. Sanga Sanga, serta dua kelompok ternak (Setaria dan Daya Karya Mandiri) selaku peserta pelatihan.

Field manager PT. Pertamina EP dalam sambutannya menyampaikan bahwa upaya tanggungjawab kepada masyarakat oleh PT. Pertamina EP salah satunya dalam bentuk Pelatihan dan Benchmarking Penggemukan Ternak Sapi atas dasar semakin meningkatnya kebutuhan daging sapi untuk konsumsi masyarakat terutama untuk hewan qurban oleh masyarakat muslim. Oleh karena itu PT. Pertamina EP melakukan pelatihan bagi kelompok ternak di agar kapasitas peternak dalam melakukan penggemukan semakin meningkat.

Kegiatan pelatihan ini dilakukan selama dua hari yang disampaikan oleh Ludy Kartika K sebagai narasumber dari BPTP Kalimantan Timur. Pelatihan hari pertama narasumber menyampaikan materi mengenai "Manajemen Penggemukan Sapi Potong Dengan Sistem Intensif". Manajemen penggemukan agar berhasil harus memperhatikan beberapa aspek diantaranya:

 

  1. Manajemen bibit/bakalan: sapi dipilih yang mempunyai produktivitas tinggi (sapi lokal:Bali, PO, Madura dan sapi impor:Brahman, Simenthal, Brangus); jenis kelamin sebaiknya jantan karena pertumbuhan lebih cepat; umur sapi berkisar 1-2,5 tahun.
  2. Manajemen penggemukan: sistem kereman yaitu sapi dipelihara dalam kandang terus menerus; kebutuhan pakan ternak disediakan secara terbatas berupa campuran rumput, leguminosa, dan makanan penguat; diberikan perangsang nafsu makan dan vitamin; dan lama penggemukan berkisar 4-10 bulan.
  3. Manajemen pengelolaan pakan: jenis pakan ternak berupa pakan hijauan (rumput unggul meliputi rumput gajah; rumput raja; rumput setaria; rumput mexico dan leguminosa meliputi centro, siratro, lamtoro/petai cina, dan gamal). Selain itu dapat juga memanfaatkan hasil sampingan tanaman pertanian seperti brangkasan kacang tanah, kacang kedelai,dan pucuk jagung muda.
  4. Manajemen pengelolaan kandang: letak kandang terpisah dari rumah lebih dari 10 meter; lokasi tidak mudah banjir; belakang kandang dibuatkan penampung kotoran ternak; ventilasi kandang yang cukup baik; lokasi kandang dekat dengan sumber air; satu ekor sapi memiliki ukuran kandang berkisar 2x1.25 meter; dan bahan kandang sederhana.
  5. Manajemen kesehatan ternak sapi: menjaga kebersihan kandang beserta peralatannya termasuk memandikan sapi; sapi sakit dipisahkan dengan sapi sehat dan segera dilakukan pengobatan; usahakan lantai kandang selalu kering; dan memerika kesehatan sapi secara teratur dan dilakukan vaksinasi sesuai petunjuk.

 

Dengan penyamapaian materi " Manajemen Penggemukan Sapi Potong Dengan Sistem Intensif" diharapkan peserta pelatihan memiliki strategi penggemukan sapi potong secara tepat sehingga mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan peternak.

 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com