Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
Katam
wbs
Suplemen Sinta
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini245
mod_vvisit_counterKemarin774
mod_vvisit_counterMinggu ini4769
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir7397
mod_vvisit_counterBulan ini18091
mod_vvisit_counterBulan Terakhir28118
mod_vvisit_counterSemua hari1085646

Online (20 menit yang lalu): 10
IP Anda: 3.85.245.126
,
Hari ini: 18 Okt, 2019
Berita
GUBERNUR KALTIM TINJAU LOKASI GELAR TEKNOLOGI PENAS XIII PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Mulni Erva dan Agus HW   
Rabu, 30 Maret 2011 07:45

Pada tanggal 8 Maret 2011 Gubernur Kaltim Bapak Dr. Awang Faroek Ishak melakukan kunjungan ke lokasi Penas XIII di Desa Perjiwa, Kabupaten Kutai Kartanegara. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat kesiapan Panitia Pelaksana Penas XIII yang akan dilaksanakan tanggal 18 sampai 23 Juni 2011 nanti. Dalam kunjungan tersebut Bapak Gubernur didampingi Bupati Kutai Kartanegara, ibu Rita Widyasari dan Sekretaris Daerah Kutai Kartanegara yang juga Ketua Panitia Penas Kabupaten, Bapak Haryanto Bachroel. Hadir juga Kepala SKPD Propinsi dan Kabupaten, Kepala BPTP Kaltim, Peneliti dan Penyuluh BPTP Kaltim.
Kunjungan dimulai dengan panen beberapa varietas unggul baru dan varietas nasional padi di lokasi display Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Kaltim. Padi yang dipanen merupakan ujicoba awal sebelum dilakukan penanaman selanjutnya, yang diharapkan saat kunjungan Kepala Negara pada acara Pembukaan Penas di bulan Juni nanti dilakukan panen kembali. Pertemuan dimulai dengan pemaparan persiapan Penas XIII secara singkat oleh staf ahli Bupati Kukar, Ir. Fajri Tridalaksana, dilanjutkan pemaparan persiapan teknis demplot Gelar Teknologi Pertanian oleh Ir. Agus Heru Widodo MSc, dari BPTP Kaltim. Selanjutnya Ir. Eddy Heflin, MM (Kepala Dinas Tanaman Pangan ), Ir Iwan Mulyana MS (Kepala Dinas Perikanan ) dan Ir. Nurdin (Kepala Dinas Perkebunan) menyampaikan pula persiapan instansi masing-masing. Acara terakhir adalah pengarahan oleh Bapak Gubernur Awang Faroek Ishak. Dalam pengarahannya beliau menyampaikan pesan-pesan sebagai berikut :

1. Persiapan sekecil apapun harus diperhitungkan seteliti mungkin, jangan sampai menggangu kesuksesan pelaksanaan Penas, terutama untuk pelaksanaan Gelar Teknologi harus menampilkan kondisi pertanaman dari masing-masing komoditas yang terbaik.
2. Jika memungkinkan, Baliho kegiatan Penas dipasang di sepanjang jalan raya Balikpapan –Samarinda-Tenggarong dengan melibatkan berbagai perusahaan dan stake holder lainnya. 
3. Infrastruktur jalan raya antara Balikpapan-Samarinda-Tenggarong atau sebaliknya diharapkan dalam kondisi mulus, untuk itu perlu koordinasi antara Dinas PU Propinsi Kaltim dan Kabupaten Kukar.
4. Akomodasi dan Transportasi peserta Penas harus difasilitasi dengan baik. Jangan sampai ada petani yang merasa tidak nyaman di pemondokan dan tidak terangkut karena tidak ada kendaraan.
5. Diharapkan ada pemanenan padi varietas unggul lokal oleh Presiden RI, seperti padi Adan atau Ikan.
6. Perlu pendekatan kepada berbagai pihak, seperti pihak swasta terutama dari perusahaan tambang, perbankan dan lain-lain untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan Penas ini.

Bapak Gubernur yakin dan percaya bahwa panitia Penas sudah berbuat banyak dan terbaik, namun beliau berpesan perlu kerja keras agar semua tanaman dalam kondisi terbaik pada hari pelaksanaan.
Di akhir acara, sebelum melakukan kunjungan selanjutnya di lokasi Pembukaan, Temu-temu dan Pemondokan dilaksanakan makan siang bersama di lokasi Gelar Teknologi Penas. 

Keterangan foto : 
1. Panen padi oleh Gubernur Kaltim, Bupati Kukar dan Sekda Kukar di lokasi Penas
2. Staf ahli Bupati Kukar Ir. Fajri Tridalaksana memaparkan persiapan akhir Penas XIII
3. Ir. Agus Heru Widodo, MSi. dari BPTP Kaltim sedang memaparkan persiapan teknis pada demplot dan gelar teknologi
4. Ir. Iwan Mulyana, Msi memaparkan program dari Dinas Perikanan dan Kelautan
5. Peserta pertemuan serius mengikuti pemaparan yang disampaikan Kepala Dinas
6. Program dari Dinas Perkebunan disampaikan oleh Kepala Dinas Ir. Nurdin
7. Bapak Gubernur Awang Faroek Ishak memberikan pengarahan kepada peserta pertemuan

 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com