Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
Suplemen Sinta
Katam
LPSE
Portal PPID
upg
wbs

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini286
mod_vvisit_counterKemarin1465
mod_vvisit_counterMinggu ini286
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir11227
mod_vvisit_counterBulan ini38895
mod_vvisit_counterBulan Terakhir49175
mod_vvisit_counterSemua hari1985269

Online (20 menit yang lalu): 21
IP Anda: 3.214.224.207
,
Hari ini: 24 Okt, 2021
Berita
Pertanian tak terhenti…Tetap produktif di masa pandemi. PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Tim Redaksi   
Rabu, 04 Agustus 2021 07:26

Kepala BPTP Balitbangtan Kaltim (Dr.Fausiah T.Ladja) dan tim panen benih jagung varietas Lamuru (07/08). Kegiatan ini salah satu bentuk kolaborasi antara DPR-RI Komisi IV dan Balitbangtan (BPTP Kaltim) dalam membangun sektor pertanian di Kalimantan Timur. Panen yang berlokasi di Desa Loa Ipuh, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara tepatnya di lahan kelompok tani Saka Makmur tersebut, turut dihadiri dan diikuti oleh Wakil Ketua DPRD Prov.Kaltim (Seno Aji), Kadistanak Kab.Kukar (yang diwakili oleh Kasie perbenihan), TA Kab.Kukar, PPL BPP Tenggarong, Poktan Saka Makmur (kooperator).


Kegiatan panen tahap I, merupakan bagian dari upaya BPTP Kaltim dalam mengembangkan benih jagung komposit. Dengan berlokasi dilahan budidaya Poktan Kooperator dengan luasan 9 Ha ini terdiri dari 5 varietas yaitu, Lamuru, Bisma, Sukmaraga, Jakarin dan Srikandi Kuning. Dengan hasil panen yang mencapai 2 ton, benih yang dihasilkan ini nantinya akan disertifikasi, sebagai bentuk jaminan mutu dari BPTP saat benih ini nantinya disebarluaskan kepada petani yang ada di Kalimantan Timur.

Pada kesempatan ini Seno Aji menyampaikan apresiasi positif atas usaha tim BPTP Kaltim yang sangat aktif dalam kerjasama dan memperlihatkan hasil yang bagus bagi petani jagung serta berharap kerjasama ini terus berlanjut untuk mendukung terwujudnya Kaltim swasembada pangan.

Hal itu, karena panen yang ditargetkan menghasilkan kurang lebih 9 ton benih jagung berkualitas ini bertujuan untuk mendukung pengembangan jagung di Kaltim.


“Benih yang dihasilkan dari kegiatan ini tentunya untuk mendukung pengembangan jagung di Kaltim”, ujar Fausiah saat ditanya kemana nantinya benih ini akan didistribusikan.

Sementara dari pihak petani pelaksana, penanaman bibit jagung komposit ini merupakan pengalama pertama yang langsung menghasilkan sesusai harapan dan berharap program ini terus dilanjutkan.

Bahkan apresiasi juga disampaikan oleh Dr. Azrai (Kepala Balitsereal) saat mengetahui gambaran hasil panen benih salah satu varietas jagung yang dipanen kali ini (Lamuru) yang cukup tingggi.

Lamuru itu sendiri adalah varietas jagung bersari bebas yang dirilis oleh Badan Litbang Pertanian tahun 2000 dan dihasilkan oleh tim pemulia dari Balitsereal. Jagung ini dirancang untuk wilayah dengan kondisi lahan maupun iklim yang kering, dan saat ini sudah cukup adaptif dan dikenal oleh petani di Kalimantan Timur. Untuk itu nantinya lamuru akan menjadi salah satu varietas jagung yang akan tetap dikembangkan oleh tim BPTP.

Ini juga adalah bagian dari tim Kementerian Pertanian dalam memperkuat sistem pangan  nasional dan  keberlanjutan produksi . Dan, salah satu kegiatan yang diharapkan menjadi tonggak utama adalah pemasyarakatan benih/bibit unggul dan teknologi sebagai wujud dari salah satu standing output Balitbangtan dalam pembangunan pertanian.

 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com