Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Katam
upg
pustaka
Suplemen Sinta
wbs

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini941
mod_vvisit_counterKemarin1260
mod_vvisit_counterMinggu ini7583
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir7887
mod_vvisit_counterBulan ini34473
mod_vvisit_counterBulan Terakhir42941
mod_vvisit_counterSemua hari1347858

Online (20 menit yang lalu): 22
IP Anda: 3.230.154.129
,
Hari ini: 30 Mei, 2020
Berita
Kelapa Genjah Salak "GSK" siap di kembangkan di Kalimantan Timur PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Asep F   
Kamis, 23 April 2020 12:26

Kelapa (Cocos nucifera L) merupakan tanaman perkebuanan dari famili palmae yang dimana hampir seluruh bagiannya dapat di manfaatkan. Tanaman ini juga merupakan satu dari banyak tanaman yang dikembangkan oleh BPTP Balitbangtan Kaltim. Adapun varietas kelapa yang telah dikembangkan oleh tim BPTP di IP2TP Samboja adalah "genjah salak" (GSK). Varietas ini merupakan plasma nutfah asli Kalimantan Selatan, yang dilepas oleh Kementerian Pertanian sebagai salah satu kelapa unggul Nasional tahun 2006.

Kelapa jenis ini mulai berbuah sejak umur 2 tahun dan dapat dipanen mulai  umur 3 tahun. Secara fisik buah kelapa ini berbentuk bulat, kecil dan berwarna  hijau. Penelitian menunjukkan bahwa kelapa GSK lebih tahan terhadap penyakit yang disebabkan oleh jamur phytopthora, serta memiliki tingkat produktivitas yang tinggi (80-120 butir buah/pohon/tahun) dan pastinya kelapa jenis ini bisa dijadikan tanaman hias. Keunggulan tersebut yang membuat kelapa GSK memiliki nilai ekonomis yang tinggi, untuk itu tim BPTP mengembangkan kelapa GSK untuk nantinya di diseminasikan kepada masyarakat yang tertarik untuk membudidayakan kelapa ini.

Saat ini bibit kelapa GSK di kebun  BPTP yang ada di Samboja telah mencapai umur yang tepat untuk disebar luaskan kepada masyarakat. Dan sebelum disebar luaskan bibit kelapa GSK akan di sertifikasi. Adapun tujuan dari sertifikasi tanaman ini yaitu untuk memberikan kepastian kepada masyarakat penerima bibit bahwa bahwa bibit tanaman yang diterimanya memang layak dan terjamin kualitasnya.

Proses sertifikasi bibit kelapa GSK yang telah dikembangkan oleh tim BPTP ini dilakukan oleh tim Pengawasan Benih Tanaman Perkebunan Prov.Kaltim. Dengan didampingi oleh tim IP2TP, tim sertifikasi melakukan pemeriksaan bibit tanaman kelapa GSK. Ini merupakan prosedur dalan rangkaian sertifikasi yang harus dilakukan sebelum bibit tanaman kepala GSK resmi mendapatkan sertifikat. Pemeriksaan meliputi umur bibit, tinggi bibit, jumlah daun, warna daun dan kesehatan bibit tanaman.

Pada akhirnya, jikabsemua proses sertifikasi dinyatakan selesai dan sertifikat telah di dapat,  maka kelapa GSK sebanyak 1100 bibit tanaman ini akan segera di diseminasikan kepada masyarakat khususnya yang ada di wilayah Kalimantan Timur.

 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com