Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Katam
upg
pustaka
Suplemen Sinta
wbs

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini910
mod_vvisit_counterKemarin1260
mod_vvisit_counterMinggu ini7552
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir7887
mod_vvisit_counterBulan ini34442
mod_vvisit_counterBulan Terakhir42941
mod_vvisit_counterSemua hari1347827

Online (20 menit yang lalu): 19
IP Anda: 3.230.154.129
,
Hari ini: 30 Mei, 2020
Berita
Karena Pertanian Tidak Boleh Berhenti PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Ekayujaya   
Jumat, 01 Mei 2020 20:16

Tim BPTP Balitbangtan Kaltim ditengah pandemi Covid-19 tetap mendampingi kegiatan petani di Dusun Pulo Mas Desa Bhuana Jaya Kec. Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Pendampingan dalam rangkaian kegiatan pengkajian integrasi jagung dengan ternak sapi di lahan masam ini melibatkan Kelompok Tani Setia Tani B sebagai kooperator untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan kering dan lahan sawah yang tidak difungsikan, serta lahan sawah yang baru saja panen. Pemanfaatan lahan tersebut untuk budidaya tanaman padi dan jagung. Adapun komoditas jagung yang dibudidayakan yaitu jagung pipil dengan varietas NASA 29, varietas ini merupakan varietas jagung hibrida rekomendasi Kementerian Pertanian yang telah di uji adaptasikan di wilayah Kalimantan Timur dengan hasil yang cukup baik terutama untuk wilayah Kab.Kukar.

Dan kali ini tim BPTP kembali melakukan pengembangan terhadap komoditas jagung yang ternyata telah cukup populer di kalangan petani dengan luasan tanam mencapai 5 ha. Kegiatan ini nantinya akan diintegrasikan  dengan sistem budidaya ternak sapi. Mengingat wilayah pendampingan BPTP Kali ini berada pada wilayah yang mayoritas petani juga merupakan peternak sapi.

Kali ini dalam kegiatan pendampingan yang dilakukan tim BPTP adalah mendiseminasikan teknologi pemberian pembenah tanah yang diikuti dengan pemupukan berimbang (organik, hayati dan kimia) untuk perbaikan lahan masam serta teknologi budidaya jagung di lahan marginal, serta teknik pengolaham limbah jagung menjadi biskuit untuk ternak. Kegiatan yang berlangsung di lahan tanam poktan kooperator ini turut dihadiri oleh Kepala UPT Kec. Tenggarong Seberang, Koordinator BPP Separi, PPL dan ketua Poktan beserta anggota.

 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com