Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
upg
Katam
Portal PPID
Suplemen Sinta
wbs

Media Sosial

Agenda Januari 2021

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini324
mod_vvisit_counterKemarin1337
mod_vvisit_counterMinggu ini2778
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir9314
mod_vvisit_counterBulan ini34784
mod_vvisit_counterBulan Terakhir40397
mod_vvisit_counterSemua hari1615549

Online (20 menit yang lalu): 20
IP Anda: 18.234.247.75
,
Hari ini: 26 Jan, 2021
Berita
Bimtek Sikomandan Milenial PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sionita GG   
Kamis, 21 Januari 2021 14:24

Kegiatan Bimbingan Teknis Sikomandan di kelompok Petani Milenial Sindang Jaya Muara Jawa Kukar dilaksanakan Rabu 20 Januari 2021. Peserta yang hadir sekitar 20 orang merupakan anggota kelompok Petani Milenial Sindang Jaya dan Dondang, serta anggota kelompok masyarakat di sekitar yang memelihara sapi dan kambing.


Materi yang diangkat terkait praktik pembuatan silase dan penyemaian serta pembibitan indigofera. BPTP Balitbangtan Kaltim memiliki tugas pendampingan teknologi terkait pakan ternak, hal ini sesuai dengan kebutuhan pengetahuan peternak yang sebelumnya sudah dikoordinasikan dengan PPL dan kelompok.

Silase sangat bermanfaat untuk mengawetkan kelebihan pakaan saat musim penghujan sehingga pada musim kemarau diharapkan ternak tidak kekurangan pakan. Teknik pengawetan pakan yang digunakan merupakan cara paling sederhana yang diharapkan bisa diadopsi baik oleh peternak.


Bahan silase (rumput/ tebon jagung) dilayukan dengan cara dijemur selama 1 hari, hingga mencapai bahan kering lebih minimal 30%. Kadar bahan kering 30% dpt diukur dg cara meremas bahan silase, jika tangan tidak berair, maka bahan kering sudah mencapai sekitar 30%. Bahan tersebut kemudian dicacah/ dichopper. Rumput/tebon jagung/jerami padi dicacah dengan ukuran kurang lebih 2cm kemudian dimampatkan dalam wadah (silo) dan ditutup rapat. Sedangkan indigofera merupakan salah satu leguminosa pohon dengan kandungan protein kasar tinggi yang dapat mencapai hingga 30%. Jika tidak memiliki konsentrat atau sumber protein lain seperti bungkil sawit, dedak atau ampas tahu, leguminosa pohon merupakan alternatif sumber pakan yang baik manfaatnya bagi ternak.

 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com