Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
wbs
Katam
Suplemen Sinta
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini802
mod_vvisit_counterKemarin974
mod_vvisit_counterMinggu ini6777
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6899
mod_vvisit_counterBulan ini13676
mod_vvisit_counterBulan Terakhir33798
mod_vvisit_counterSemua hari1145231

Online (20 menit yang lalu): 11
IP Anda: 18.207.255.49
,
Hari ini: 14 Des, 2019
Produk Pangan Sehat Berdaya Saing dalam Bioindustri Berbasis Sapi - Ubi Kayu PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Dhyani Nastiti P   
Minggu, 14 Januari 2018 13:36

Model Pertanian Bioindustri berbasis sapi-ubi kayu yang dilakukan BPTP Kalimantan Timur telah menghasilkan bebagai produk pangan olahan dengan melibatkan KWT Sejahtera. Saat ini kapasitas produksinya mulai meningkat, dan makin variatif.

"Produk olahan yang ada telah dilakukan perbaikan kemasan, sehingga dapat terjamin keamanannya dan menarik bagi pasar. Untuk dapat berdaya saing diperlukan aspek legalitas dalam hal ini sertifikat produksi pangan industri rumah tangga (SP-PIRT)," demikian dikatakan Dr. Muhammad Amin, SPi., MSi. (Kepala BPTP Balitbangtan KalimantanTimur) pada acara Bimbingan Teknis Sanitasi Lahan dan Keamanan Pangan di Desa Bangun Rejo - Kutai Kartanegara (5-12-2017).

Aspek legalitas merupakan jaminan tertulis yang diberikan oleh Pemerintah daerah dalam hal ini Bupati/Walikota terhadap pangan produksi IRTP di wilayah kerjanya yang telah memenuhi persyaratan pemberian SPP-IRT dalam rangka peredaran Pangan Produksi IRTP (Pasal 1 Ayat (13) Perka BPOM Hk. 03/2012). Saat ini KWT Sejahtera dengan binaan BPTP Kaltim sudah memiliki 6 SP-PIRT produk olahan yang ada yaitu rengginang singkong, dendeng daun singkong, mocaf, stik mocaf, keripik singkong dan bawang krispi.

Walaupun banyak produk olahan singkong lain yang sudah berkembang namun sementara 6 produk yang di daftarkan dan memperoleh ijin. Diharapkan kedepannya semua produk olahan yang ada juga dapat memperoleh SP-PIRT sehingga produk-produk tersebut mampu berdaya saing di Pasaran. Disamping itu produk yang dihasilkan diharapkan mampu memberikan nilai tambah bagi ekenomi keluarga.

Bioindustri berbasis ubi kayu - sapi di Desa Bangunrejo dimulai sejak tahun 2016 dengan komoditas utamanya komoditas ubi kayu jenis gajah dan ternak sapi.

Kehadiran Pertanian Bioindustri berbasis Sapi dan ubi kayu diharapkan dapt nenghasilkan pengusaha- pengusaha baru yang mampu mengolah bahan mentah menjadi bahan olahan.

Prinsip dari konsep bioindustri adalah proses produksi yang mampu menghilangkan dampak polusi dan sekaligus menawarkan berbagai produk yang tidak merusak lingkungan. Jadi konsep ini menyediakan berbagai siklus produk melalui proses produksi yang tidak menghasilkan polusi dan tidak ada akhir dari sebuah produk setelah selesai digunakan, dan tidak menjadi sampah.

Produk-produk dalam suatu proses akan menjadi residu yang tetap dapat digunakan kembali sebagai input bagi proses lainnya yang biasa disebut zero waste.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com