Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
cybex
pustaka
wbs
Suplemen Sinta
Katam

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini51
mod_vvisit_counterKemarin635
mod_vvisit_counterMinggu ini51
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir4128
mod_vvisit_counterBulan ini9687
mod_vvisit_counterBulan Terakhir19784
mod_vvisit_counterSemua hari608447

Online (20 menit yang lalu): 11
IP Anda: 23.20.129.162
,
Hari ini: 18 Nov, 2017
Optimalkan Potensi dengan Inovasi Teknologi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Margaretha   
Selasa, 14 November 2017 10:43

“Kaltim memiliki potensi yang cukup besar untuk mengembangkan produksi Kedelai, hanya perlu didorong dari sisi inovasi teknologi dalam pembibitannya”, ujar Ka. BPTP Balitbangtan Kaltim (Dr. Muhammad Amin S.Pi, M.Si) pada pembukaan Bimtek Perbenihan Kedelai yang dilaksanakan di Balikpapan (06/11/2017).

Bimtek dibuka langsung oleh Ka. BPTP Kaltim dan dihadiri juga Anggota Komisi IV DPR-RI Hj Kasriyah SE, Dinas Pertanian Balikpapan, BPSB, Dekan Pertanian Univeristas Kutai Kartanegara. Sebanyak  200 peserta berasal dari petugas penyuluh lapang (PPL), mahasiswa, penangkar dan petani yang ada di sekitar Balikpapan turut hadir.

Produktifitas petani rata – rata hanya 1 ton per hektare, kedepan kita berharap dapat ditingkatkan menjadi 3 ton per hektare. Tentu saja harus didukung dengan inovasi teknologi dan kami BPTP Kaltim akan terus mendamping, jelas M.Amin.

Kasriyah dalam arahannya juga menyampaikan bahwa pemerintah akan terus mendorong agar sektor – sektor pertanian terus maju sehingga, kita mampu mencapai swasembada pangan berkelanjutan. Kami merupakan mitra kerja dari Kementerian Pertanian akan terus bersinergi dalam memenuhi kebutuhan petani, rakyat dan negara, lanjutnya.

Materi yang disampaikan antara lain tentang varietas unggul dari Badan Litbang Pertanian, teknologi perbenihan kedelai, Mengenai dan menganggulangi hama penyakit dari kedelai, Proses sertifikasi benih kedelai, peran perguruan tinggi dalam menjawab permasalahan kelembagaan dan permasaran benih kedelai di Kaltim untuk memenuhi kebutuhan daerah.

Muhammad Amin sangat mengapresiai antusias dari para peserta dengan bertanya dan berdiskusi dengan narasumber dan peserta lainnya. Ia berharap setelah mengikuti Bimtek ini petani dan penyuluh dapat lebih terampil dalam melaksanakan kegiatan perbenihan serta aspek lain yang terkaiat. Sehingga petani mampu meningkatkan produksi kedelai dan Kaltim mampu memenuhi kebutuhan kedelai.

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com