Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
Katam
upg
pustaka
Suplemen Sinta

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini565
mod_vvisit_counterKemarin944
mod_vvisit_counterMinggu ini4581
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6899
mod_vvisit_counterBulan ini11480
mod_vvisit_counterBulan Terakhir33798
mod_vvisit_counterSemua hari1143035

Online (20 menit yang lalu): 18
IP Anda: 3.234.214.113
,
Hari ini: 12 Des, 2019
Desa Pesisir Muhuran Potensi Dukung Program Pangan di Kaltim PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Muryani. P   
Selasa, 31 Oktober 2017 06:40

Kabupaten Kukar mempunyai luas wilayah tahun 2016 sekitar 2.726.310 ha, luasan sawah yang cukup luas yaitu 61.317 ha dengan luas lahan potensial 34.562 ha. Salah satu Kecamatan Kota yang mempunyai luasan lahan pertanian potensial 692 ha adalah Desa Muhuran Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kukar.

BPTP Kaltim yang di wakili oleh peneliti M. Hidayanto dan beberapa peneliti BPTP lainnya turut menghadiri panen padi bersama wakil Bupati Kukar Drs. Edi Darmansyah,M.Si, Bapak Ketua DPRD, Dinas Pertanian dan Pertenakan, Danramil Kabupaten Kukar, Camat, Kepala UPT. Penyuluhan Pertanian dan Peternakan, PPL Kecamatan Kota Bangun, Kepala Desa, Tokoh Adat, KTNA, poktan dan kelompok tani Desa Muhuran Kecamatan Kota Bangun dan Kabupaten Kukar. Dalam kesempatan tersebut wakil Bupati Kukar menghimbau agar BPTP Kaltim selalu siap mendampingi kelompok tani di Kabupaten Kukar khususnya kelompok tani Desa Muhuran Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kukar.

Desa Muhuran salah satu desa yang terletak dipesisiran sungai dimana masyarakat bercocok tanam padi dengan sistem organik yang dilakukan setahun sekali. Sistim tanam organik dengan sistem tanam jajar legowo 4 : 1, hasil produktivitas rata 3 – 4,5 ton/GKP dengan luasan sawah yang di tanam di musim tanam 2017 sekitar 150 ha, dan rencana yang akan digarap 300 ha.


Pola tanam yang dilakukan setahun sekali di karenakan  pada waktu pasang, lahan petanian tergenang air sehingga tidak memungkinkan petani untuk bercocok tanam padi pada lahan sawah mereka. Masyarakat Desa Muhuran yang mayoritas mata pencaharian sebagai nelayan tetapi sudah sebagian masyarakat bercocok tanam padi sawah. Semoga Desa Muhuran dengan  potensi  lahan pertanian yang bagus bisa mendukung swasembada pangan diwilayah Kalimantan Timur

 

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com