Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini454
mod_vvisit_counterKemarin752
mod_vvisit_counterMinggu ini1863
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini15863
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1030655

Online (20 menit yang lalu): 8
IP Anda: 3.81.28.94
,
Hari ini: 20 Agus, 2019
Monitoring Pertumbuhan Sapi, tim BPTP Kaltim Lakukan Penimbangan di Guyub Rukun PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sundari   
Selasa, 17 Oktober 2017 06:32

Tim peternakan BPTP Kaltim melakukan penimbangan berat bobot sapi betina di kelompok tani ternak “GUYUP RUKUN” Kelurahan Sei Siring, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda.

Menghasilkan sapi berkualitas tentunya harapan dari semua peternak sapi. Dengan penanganan yang tepat, mulai dari pakan, asupan gizi dan kebersihan kandang tentunya. Selain itu,  berat sapi harus diperhatikan untuk mengetahui kesetaraan umur  sapi dengan berat yang seharusnya.

Namun perlu diperhatikan, penimbangan juga harus dilakukan dengan hati-hati untuk mencegah terjadinya cedera dan stres yang berlebihan pada hewan ternak yang akan menyebabkan turunnya bobot ternak saat penimbangan dan setelahnya. Terkadang dalam proses penimbangan sapi-sapi tersebut akan melakukan perlawanan yang mengakibatkan stress.

Dalam pertemuan kelompok ini juga dibahas mengenai masalah yang ada dikelompok ternak ini, dimana performa sapi mengalami penurunan menjadi agak kecil dari sebelumnya. Penyebabnya karena indukan sapi jantan yang sudah  berumur tua dan terjadi perkawinan antara keturunanan  sendiri /inbreeding yang disebabkan karena sapi melakukan kawin alam. Oleh karena itu, upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menjual indukan sapi jantan dan membeli indukan sapi jantan yang baru dan muda, kemudian sapi sebaiknya dikandangan sehingga mengurangi terjadinya kawin alam antara sapi dengan keturunan yang sama dan memudahkan melakukan pengecekan pemeriksaan kebuntingan betina sapi sehingga dapat segera dilaksanakan inseminasi buatan (IB).

Selanjutnya dilakukan penimbangan berat bobot sapi betina. Penimbangan ini dilakukan terhadap 27 ekor sapi betina milik kelompok tani ternak “Guyup Rukun”.  Rata- rata usia sapi betina berkisar 8 tahun,  12 sapi betina sedang bunting,  13 sapi betina tidak bunting  dan 2 ekor sapi betina yang masih dara. Berat bobot sapi yang terukur dari 155 kg sampai dengan 302 kg. Selain itu, juga dilakukan penyerahan bahan berupa mineral sapi dan obat – obatan untuk sapi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com