Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
cybex
pustaka
wbs
Suplemen Sinta
Katam

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini53
mod_vvisit_counterKemarin635
mod_vvisit_counterMinggu ini53
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir4128
mod_vvisit_counterBulan ini9689
mod_vvisit_counterBulan Terakhir19784
mod_vvisit_counterSemua hari608449

Online (20 menit yang lalu): 7
IP Anda: 23.20.129.162
,
Hari ini: 18 Nov, 2017
Sumber Daya Alam Ajaib dari Wilayah Perbatasan Krayan PDF Cetak E-mail
Oleh Sundari   
Selasa, 03 Oktober 2017 06:46

Selain Padi Adan yang sangat terkenal, di wilayah perbatasan Krayan juga memiliki sumber daya alam lainnya yang tidak kalah menariknya yaitu: Ternak kerbau, babi, nenas krayan dan tanaman buah es yang juga digemari masyarakat di Krayan maupun Malaysia dan Brunai Darussalam, dan juga di Krayan terdapat wisata-wisata yang sangat unik dan indah bila kita berkunjung ke wilayah ini.

Kerbau

Ternak kerbau merupakan simbol prestise masyarakat Krayan. Kerbau berfungsi untuk membantu mengembalikan unsur hara secara alami  sekaligus memperbaiki struktur tanah, disamping itu juga kerbau dimanfaatkan untuk membantu petani sebagai alat angkutan, seperti hasil sawah dan hutan.

Pada 1999 populasi kerbau masih sekitar sembilan ribu ekor dan berdasarkan hasil pendataan ternak 2011 yang dilaksanakan BPS, populasi ternak kerbau di 5 Kecamatan Krayan sekitar 2.987 ekordantahun 2017 sekitar 2084 ekor di 4 Kecamatan minus Krayan tengah.Biasanya menjelang Hari Raya Idul Adha atau hari raya kurban,  jumlah kerbau yang keluar dari Long Bawan ke Ba’Kelalan, Malaysia  dan sekitarnya berjumlah puluhan hingga ratusan ekor.


Perkembangan ternak kerbau di kawasan ini berjalan alami. Harga kerbau dewasa (umur 1,5 sampai 2 tahun ) berkisar 2.000  hingga 3.500 Ringgit Malaysia atau setara dengan Rp.7 juta hingga Rp.9 juta  (  kurs 1 ringgit Rp3000) untuk betina dan Rp.10 juta hingga Rp.16 juta untuk pejantan.

Babi

Di Kecamatan Krayan dan Krayan Selatan Babi merupakan ternak yang sangat bernilai ekonomis selain kerbau.Hampir disetiap rumah tangga memelihara babi meski hanya 1 atau 2 ekor, kondisi tersebut sudah menjadi tradisi warga Krayan. Babi biasa digunakan untuk memenuhi kebutuhan akan daging, selain itu untuk acara pesta perkawinan dan pesta adat.

 

Harga babi anakan yang baru lahir mencapai delapan ratus sampai satu juta perekor. Uniknya Babi dihargai bukan dengan seberapa berat (Kg) tetapi menggunakan jengkal tangan (kilan) semakin besar kilanannya maka semakin besar pula nilai babi tersebut.

Nenas

Selain ternak, di Krayan juga terkenal dengan tanaman Nenas yang diproduksi dari beberapa desa, yakni Long Api, Long Umung, Kampung Baru dan lainnya. Harga Nenas di Long Bawan sekitar  Rp 3000,- sampai Rp 15.000,- perbuah. Rasa nenas Krayan sangat manis dan uniknya tidak menimbulkan rasa pedar, gatal dimulut, berbeda dengan kebanyakan nenas umumnya.

Potensi lainnya adalah tanaman hortikultura, berupa kubis  dan kacang tanah, sawi, terung, mentimun, kacang panjang, buncis dan tomat bahkan bawang merah. Tanaman ini tumbuh baik di Long Bawan. Namun petani umumnya membudidayakan tanaman hortikultura hanya sedikit saja sebatas memenuhi kebutuhan keluarga, karena kondisi pasar yang belum stabil.

 

Garam Gunung

Pribahasa garam dilaut asam di gunung, ternyata  tidak berlaku bagi warga Dayak Lundayeh yang tinggal perbatasan Kaltim. Peribahasa itu mesti dirubah, karena di daerah Krayan, yang merupakan daerah dataran tinggi. Yaitu di Pegunungan Paris, atau tepatnya di Desa Long Midang, Kecamatan Krayan Kabupaten Nunukan Kaltim, justru ditemukan sentra-sentra pengolahan garam, selain di Long Midang sumber garam juga tersedia di Pa’Kebuan dan Pa” Betung. Dan lokasi pembuatan garam ini juga merupakan daerah wisata karena sering dikun

Proses pengelolahan garam ini tidak pernah berubah sejak dahulu sampai sekarang. Walaupun demikian citra rasa kedua jenis garam ini tetap sama.Garam ini diyakini memiliki kandungan yodium yang cukup karena tidak ditemukan masyarakatnya yang menghidap penyakit kekurangan zat yodium ( gondok) . Pembuatan garam ini dari mata air asin yang ada di Kecamatan Krayan.

Garam ini sekarang sudah di pasarkan di daerah Sabah dan Serawak ( Malaysia) karena kedua daerah ini secara geografis lebih dekat dengan Krayan dan mudah dijangkau melalui transportasi darat dibandingkan daerah/ kota lain Indonesia yang terdekat dari Krayan hanya bisa dijangkau dengan transportasi udara/ pesawat. Hal inilah yang membuat produk hasil pertanian didaerah Krayan lebih memilih Malaysia sebagai pasarnya daripada pasar dalam negeri sehingga masyarakat Indonesia tidak begitu mengenal produk hasil pertanian di Krayan.

 

Buah Es

Buah es begitu masyarakat Krayan menyebut namanya. Dan menurut mereka asal mulanya buah ini berasal dari Negara Tetangga Malaysia. Buahnya memanjang seperti buah kelor isinya putih seperti kapas dan rasanya manis. Menurut masyarakat Krayan buah ini kalau dimasukin ke dalam pendingin rasanya menyerupai ice cream.

Daerah Wisata Krayan

Air Terjun. Air Terjun terdapat di 6 desa yaitu: Pa”Raye, Long Umung, Pa”Kebuan, Pa”Betung, Pa” Remayo dan Long Bawan.

Gunung.  Namanya Gunung Yupai mempunyai 200 anak tangga. Terletak di Long Bawan

Air Bunga. Mata air yang keluar dari bunga, yang tidak pernah berhenti mengalir meskipun musim kemarau. Lokasi ini berada di Tang Paye.

Rumah Adat. Rumah Adat Lundayeh terletak di Lembudud Trang Baru.

Pembuatan Garam dari air mata asin. Daerah ini juga merupakan daerah wisata karena sering dikunjungi bagi siapapun yang datang ke Krayan.

 

Nah para pembaca, semoga degan informasi yang saya sampaikan dapat menambah pengetahuan, mengenai sumber daya alam yang sangat menarik dari bumi Krayan…

 

Sumber Informasi :

 

-    Data Kecamatan Krayan 2016

-    Profil UPT BP3K / BPP Krayan 2016

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com