Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini119
mod_vvisit_counterKemarin620
mod_vvisit_counterMinggu ini739
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5249
mod_vvisit_counterBulan ini14119
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1028911

Online (20 menit yang lalu): 7
IP Anda: 35.175.120.59
,
Hari ini: 18 Agus, 2019
Dongkrak Sektor Pertanian, Solusi Topang Perekonomian di Kukar PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Margaretha   
Jumat, 29 September 2017 06:53

Tenggarong 26/09/2017 Badan Litbang Pertanian bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kukar melaksanakan rapat Koordinasi Pengembangan Teknologi VUB Padi Inpari 40 Agritan dilaksanakan di ruang pertemuan Kantor Bappeda Kab. Kutai Kartanegara.

Rakor dibuka langsung oleh Kepala Bappeda Kukar (Wiyono, S.IP, M.IP) dan dihadiri oleh Kepala Balai Besar Biogen Balitbangtan, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Kukar, Kepala BPSB Kab. Kukar, Kepala BPTP Kaltim, serta perwakilan dari beberapa perusahaan swasta.

Pertemuan dirangkai dengan penandatangan MoU antara BPTP Kaltim dan Dinas Pertanian dan Peternakan Kab Kukar, serta nota kesepahaman antara BB Biogen dengan Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Kukar yang disaksikan oleh Kepala Bappeda dan Kepala BPSP.

Wiyono menyampaikan bahwa kondisi perekonomian Kab. Kukar saat ini harus ditopang dari sisi pertanian dan pariwisata, mengingat sumber daya alam (tambang dan gas) yang kondisinya saat ini sangat memprihatinkan. Sehingga harus diambil langkah strategis dan efektif untuk dapat meningkatkan pendapatan daerah.

Permasalahan dalam pencapain produksi mulai dari penyediaan benih hingga tenaga kerja di bidang pertanian yang semakin berkurang, sangat membutuhkan solusi serta dukungan dari semua pihak untuk menyelesaikannya, lajut wiyono.

Salah satu upaya yang dapat dilaksanakan adalah pengembangan VUB Padi Inpari 40 Agritan di wilayah Kutai kertanegara. Kabupaten ini dipilih karena Kutai Kertanegara merupakan salah satu wilayah lumbung padi terbesar di wilayah Kalimantan Timur.

Permasalah benih yang sering muncul dapat diselesaikan dengan pengembangan benih mandiri/sendiri. Sehingga benih yang kita tanam dapat dijadikan benih sumber kedepannya, tentu saja dengan melibatkan BPSB pada proses mulai dari awal untuk sertifikasinya.

Sedangkan solusi untuk keterbatasan tenaga kerja, Badan Litbang Pertanian dengan inovasi teknologi memiliki mesin/alat pertanian yang sangat membantu karena menggunakan tenaga kerja yang lebih sedikit “, ujar Kepada BB Biogen (Mastur).

Kepala BPTP Kaltim (Dr Muhammad Amin, S.Pi, M.Si) mengatakan pihaknya akan mendukung sepenuhnya dalam mensukseskan program memajukan Kab. Kutai Kartanegara melalui pendampingan serta bimbingan kepada para pertani.

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com