Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini116
mod_vvisit_counterKemarin620
mod_vvisit_counterMinggu ini736
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5249
mod_vvisit_counterBulan ini14116
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1028908

Online (20 menit yang lalu): 6
IP Anda: 35.175.120.59
,
Hari ini: 18 Agus, 2019
Sukseskan Upsus Siwab Di Daerah Perbatasan Krayan PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sundari   
Selasa, 19 September 2017 07:16

Tim Upsus Siwab Balai Veteriner Banjar Baru, BIB Lembang, BPTU-HPT Pelaihari, Puslitbangnak, BPTP Balitbangtan Kaltim,  menyelenggarakan “Bimtek Integrasi Padi Adan-Kerbau mendukung UPSUS SIWAB di daerah perbatasan Kec. Krayan, Nunukan Kalimantan Utara.

Acara tersebut di selenggarakan di Aula Kantor Kec. Krayan, Nunukan Kalimantan Utara pada tanggal 12-13 September 2017. Pelaksanaan Bimtek bertujuan untuk mendukung Inovasi Teknologi model usahatani padi adan terintegrasi dengan ternak kerbau pada lahan sawah tadah hujan dataran tinggi dengan penerapan pola tanam jarwo 2:1.

Peserta yang hadir terdiri dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Nunukan & Prov. Kaltara, Danramil/Polresta Prov. Kaltara, Balai Penyuluhan Pertanian, Babinsa, Staf Keswan Kepala Adat dan kelompok peternak, serta Camat Krayan sekaligus membuka Penyelenggaraan Bimtek.

Materi yang disampaikan, berupa 1) Keberhasilan Teknologi Inseminasi Buatan Pada Ternak Kerbau, Prof. Kurnia (IPB), 2) Bimtek Dukungan Inovasi Teknologi Di Daerah Perbatasan, Ir. Nurbani (BPTP Kaltim), 3) Pemanfaatan Kompos untuk meningkatkan produktifitas padi di Krayan, Wisri Puastuti. MSi (Puslitbangnak), 4) Peran Inovasi Teknologi Dalam Upaya Peningkatan LTT, Dr. M. Amin (Ka .BPTP Kaltim), 5) Penanaman Hijauan Pakan Ternak, Agus Sugeng A. W. , A. Md ( BPTU-HPT)

Camat Krayan mengatakan dalam  sambutannya bimtek ini diselenggarakan sebagai upaya tindak lanjut pertemuan pada bulan Juli 2017 sebagai wujud komitmen pemerintah dalam mengejar swasembada sapi-kerbau yang ditargetkan pemerintah.  Lebih lanjut Prof.Kurnia dari IPB mengatakan  Ternak Kerbau sangat berperan penting dalam menggantikan peran daging sapi untuk pemenuhan konsumsi, mempercepat target swasembada tahun 2026   mendatang serta mewujudkan Indonesia yang mandiri dalam pemenuhan pangan asal hewan yang telah ditetapkan dalam  program Kementan.

Beras Adan Krayan merupakan salah satu beras dengan kualitas terbaik di antara varietas padi lokal lain hingga saat ini masih dibudidayakan di Krayan dan daerah Dataran Tinggi lainnya. Beras Adan dibudidayakan sesuai dengan cara-cara tradisional dan organik oleh para petani dataran tinggi. Umumnya di Krayan kerbau tidak digunakan untuk untuk membajak namun setelah panen dilepasliarkan ke sawah untuk menginjak-injak tanah, memakan gulma serta menyuburkan tanah, sehingga sawah siap diolah untuk musim selanjutnya.

Ka. BPTP Balitbangtan Kaltim menekankan perlunya kerja keras, bimbingan dan sinergisme lingkup Puslitbangnak BB Veteriner dan Balitnak dengan BPTP di daerah dan dalam bentuk pelatihan dan bimbingan teknologi yang seperti ini. Beliau juga mengarahkan dapat membuat suatu kawasan desa mandiri Siwab Balitbangtan khususnya di daerah sentra ternak yg dikawal penuh dengan melibatkan peneliti, penyuluh Puslitbangnak dengan BPTP dan instansi terkait lainnya.

Pada rangkaian acara Bimtek , juga dilakukan praktek penanaman padi adan dengan sistem pola tanam jarwo 2:1 dan Identifiasi Status Reproduksi Ternak (ISRA), Pemeriksaan Kebuntingan (PKB) dan Keswan dari BIB Lembang, Drh. Seno Prihandoko dan beberapa petugas BPP dan Dinas Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan memberikan pelayanan di tiga titik lokasi Kerbau yaitu Krayan Timur, Barat dan Selatan, dengan memberikan nutrisi tambahan bagi ternak agar masa birahinya bisa serentak sehingga dapat dilakukan IB secara serentak pula.Untuk mendukung keberhasilan program tersebut juga dilakukan penyerahan semen beku, N2 cair, stek rumput gajah, odot, BH, bibit HPT.

Jumlah petugas untuk menangani masih sangat kurang untuk itu kami berharap agar para penyuluh pertanian yang ada dilapangan juga dapat membantu khususnya pendataan induk ternak yang sudah berpotensi bunting” ungkap Agus BB Vet.Tapi meskipun jumlah mereka sangat terbatas kami optimis target akan tercapai karena mereka suda dilatih dibidangnya. Lanjut Agus mengatakan dalam waktu dekat ini akan melakukan IB serentak karena keterlambatan pengiriman N2 cair sehingga pelaksanaan IB sedikit terhambat

Diharapkan acara ini dapat memberikan dorongan yang baik dalam keberhasilan Upsus Siwab sehingga tujuan pemerintah untuk mempercepat peningkatan populasi kerbau di kec. Krayan dapat terwujud.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com