Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Katam
pustaka
Suplemen Sinta
upg
wbs

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini172
mod_vvisit_counterKemarin989
mod_vvisit_counterMinggu ini1161
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6407
mod_vvisit_counterBulan ini19329
mod_vvisit_counterBulan Terakhir24645
mod_vvisit_counterSemua hari1058766

Online (20 menit yang lalu): 12
IP Anda: 34.204.194.190
,
Hari ini: 22 Sep, 2019
Melalui Bimtek Perbanyakan Bibit Durian, BPTP Kaltim Siap Sukseskan Program Perbenihan PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sumarmiyati   
Senin, 18 September 2017 06:26

Program perbenihan yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian melalui penyediaan benih unggul dan bermutu melalui prinsip 6 (enam) tepat (waktu, jumlah, lokasi, jenis, mutu dan harga) dimulai tahun 2017. Salah satu program perbenihan yang dilaksanakan oleh BPTP Balitbangtan Kalimantan Timur adalah perbenihan durian. Pada tahun 2017 BPTP Kalimantan Timur mempersiapkan sekitar 20.000 batang bawah.

Untuk mendukung ketersediaan benih durian di Kalimantan Timur diperlukan strategi pengembangan pola kemitraan usaha dengan swasta/penangkar benih/asosiasi petani diĀ wilayah pengembangan khususnya di Kalimantan Timur yang dapat menjadi salah satu acuan bagi pemerintah daerah untuk mendorong industri perbenihan yang menyediakan benih yang terjamin mutunya. Wujud dari pola kemitraan usaha tersebut salah satunya adalah melalui pengembangan industri perbenihan. Dengan usaha tersebut diharapkan akan tercipta usaha perbenihan yang profesional yang mendorong terwujudnya ketersediaan benih durian.

Untuk melatih ketrampilan dan kecakapan petugas dalam hal ini teknisi BPTP Balitbangtan Timur untuk mempersiapkan dan menyediakan bibit unggul durian yang berkualitas, bertempat di Green House BPTP Kaltim Jumat 15 September 2017 dilaksanakan pelatihan perbanyakan bibit durian yang menghadirkan narasumber Bapak Agus Priyono Pengusaha Penangkar Durian, dari desa Batuah, Samboja, Kutai Kartanegara. Peserta pelatihan antara lain teknisi, teknisi litkayasa, koordinator kebun percobaan dan siswa PKL. Materi pelatihan berupa teori dan praktek perbanyakan tanaman melalui grafting, mini grafting (sambung dini) dan okulasi. Peserta dijelaskan mulai dari persiapan, teknik grafting dan okulasi sampai dengan pemeliharaan dalam rumah semai.

Agus menjelaskan untuk mendapatkan bibit durian yang berkualitas hal paling mendasar yang dibutuhkan antara lain : 1) ketersediaan batang bawah, dan batang atas (entres) yang memiliki kualitas bagus; 2) Cuaca dalam hal ini pengaturan naungan, kelembaban; 3) Pemupukan serta 4) ketrampilan teknis dalam perbanyakan bibit durian. Ketrampilan dilatih melalui intensitas dalam melakukan grafting dan okulasi. Semakin sering berlatih maka keberhasilannya juga semakin tinggi.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com