Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
upg
pustaka
Suplemen Sinta
wbs
Katam

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini520
mod_vvisit_counterKemarin875
mod_vvisit_counterMinggu ini520
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6850
mod_vvisit_counterBulan ini14269
mod_vvisit_counterBulan Terakhir33798
mod_vvisit_counterSemua hari1145824

Online (20 menit yang lalu): 11
IP Anda: 3.231.212.98
,
Hari ini: 15 Des, 2019
Produksi Benih Jagung PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Wawan Banu P.   
Kamis, 14 September 2017 06:38

Jagung (Zea mays L) memiliki peran penting dalam pemenuhan kebutuhan pangan nasional dan internasional setelah beras dan gandum. Jagung merupakan tanaman yang umumnya ditanam di wilayah dataran rendah, baik di tanah tegalan, sawah tadah hujan serta ditanam di dataran tinggi. Untuk pengembangan jagung, penggunaan benih unggul dan bermutu tinggi menjadi salah satu upaya yang terus dikaji dan disebarluaskan ke petani. Jagung sampai saat ini masih merupakan komoditi strategis kedua setelah padi karena di beberapa daerah, jagung masih merupakan bahan makanan pokok kedua setelah beras.

Kebutuhan benih yang belum terpenuhi mendorong berbagai pihak untuk berlomba mengembangkan benih jagung. Untuk itu BPTP Balitbangtan Kalimantan Timur melakukan inovasi dengan membuat demplot perbenihan jagung. Demplot berada di lokasi Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara pada lahan kering. Menggunakan benih tetua jantan dan betina dan Balit Serealia Maros Sulawesi Selatan.

 

Kegiatan yang dilakukan pada saat ini sudah sampai tahap pemotongan bunga jantan (detasseling). Detasseling adalah menghilangkan/membersihkan bunga jantan pada tanaman tetua betina agar tidak terjadi penyerbukan sendiri. Detasseling dilakukan dengan cara memotong bunga jantan dengan 2-3 daun di bawah bunga jantan ikut terpotong.

Kegiatan pemotongan bungan jantan jagung (detasseling) pada induk betina (foto: Sulhan)

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com