Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
cybex
pustaka
wbs
Suplemen Sinta
Katam

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini48
mod_vvisit_counterKemarin635
mod_vvisit_counterMinggu ini48
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir4128
mod_vvisit_counterBulan ini9684
mod_vvisit_counterBulan Terakhir19784
mod_vvisit_counterSemua hari608444

Online (20 menit yang lalu): 9
IP Anda: 23.20.129.162
,
Hari ini: 18 Nov, 2017
“Sanitasi”, Teknik Pengendalian OPT Yang Efektif PDF Cetak E-mail
Oleh Wawan Banu P.   
Selasa, 12 September 2017 06:45

Lahan harus selalu terjaga kebersihannya

“ Ayo Jaga Kebersihan” demikian disampaikan Tim BPTP Balitbangtan Kaltim kepada petani kooperator di  lokasi Taman Teknologi Pertanian (TTP) Bangunrejo, Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.  Salah satu Prinsip-Prinsip Penerapan  Pengelolaan Hama Terpadu (PHT) adalah Budidaya Tanaman Yang Sehat. Budidaya tanaman yang sehat dan kuat menjadi bagian yang penting dalam program pengendalian hama dan penyakit. Tanaman yang sehat tentunya akan lebih dapat bertahan terhadap serangan hama dan penyakit  bila dibandingkan dengan tanaman yang lemah. Juga tanaman yang sehat akan lebih cepat mengatasi kerusakan yang terjadi akibat serangan hama dan penyakit dengan mempercepat pembentukan anakan atau proses penyembuhan fisiologis lainnya.

Hal tersebut disampaikan karena masih terlihat adanya sisa-sisa tanaman singgang, tunggul tanaman atau bagian-bagian tanaman lain yang tertinggal setelah masa panen. Bagian tanaman tersebut seringkali merupakan tempat berlindung hama, tempat berdiapause, atau tempat tinggal sementara sebelum tanaman utama kembali ditanam. Dengan membersihkan sisa-sisa tanaman tersebut berarti kita telah mengurangi populasi permulaan suatu hama dan penyakit yang secara potensial dapat merugikan pertanaman berikutnya. Dengan membersihkan tempat untuk berdiapause berarti kita memotong siklus hama dan menghilangkan sumber inokulum (bibit penyakit) sehingga perkembangbiakan berikutnya  akan terganggu. Sanitasi yang dilakukan terhadap bagian tanaman yang telah terserang bertujuan untuk mengurangi  sumber infeksi  dan mencegah kerusakan tanaman berikutnya.

Teknik sanitasi atau pembersihan merupakan cara pengendalian secara bercocok tanam yang paling tua dan cukup efektif untuk menurunkan populasi hama dan penyakit. Banyak hama dan penyakit yang dapat bertahan hidup atau berdiapause di sisa-sisa tanaman.  Dengan membersihkan sisa-sisa tanaman tersebut berarti kita mengurangi laju peningkatan populasi  dan ketahanan hidup hama.Jadi sanitasi dilakukan terhadap:1) Sisa-sisa tanaman yang masih hidup, 2) Tanaman atau bagian yang terserang hama, 3) Sisa tanaman yang sudah mati, 4) Jenis tanaman lain yang dapat menjadi inang pengganti, 5) Sisa-sisa bagian tanaman yang jatuh atau tertinggal di permukaan tanah seperti buah dan daun.

Seperti juga teknik bercocok tanam lainnya sanitasi memerlukan banyak tenaga dan waktu untuk pelaksanaannya. Meskipun memerlukan banyak tenaga dan waktu tetapi harus dilakukan. Teknik ini hasilnya akan lebih efektif  apabila dilakukan oleh seluruh petani pada suatu hamparan secara bersamaan. Selain menjadikan lingkungan pertanaman lebih sehat juga akan menambah keindahan Taman Teknologi Pertanian itu sendiri.

Tanaman yang sehat, kuat dan produktif  akan menghasilkan dengan kualitas  dan kuantitas yang tinggi sehingga diperoleh harga yang baik dan produksi tinggi. Nilai tanaman yang tinggi akan mendatangkan keuntungan usaha tani yang tinggi. Kecuali itu tanaman yang sehat dan kuat akan meningkatkan ketahanannya terhadap serangan hama dan penyakit.Semua usaha budidaya tanaman yang dapat menyebabkan kesehatan dan produktivitas tanaman perlu ditingkatkan mulai dari pemillihan bibit, penentuan waktu tanam, sampai ke masa panen. Efisiensi dan efektivitas penggunaan input produksi harus ditingkatkan.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com