Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Suplemen Sinta
wbs
Katam
upg
pustaka

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini522
mod_vvisit_counterKemarin875
mod_vvisit_counterMinggu ini522
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6850
mod_vvisit_counterBulan ini14271
mod_vvisit_counterBulan Terakhir33798
mod_vvisit_counterSemua hari1145826

Online (20 menit yang lalu): 10
IP Anda: 3.231.212.98
,
Hari ini: 15 Des, 2019
Percepat Diseminasi, Kepala BB Biogen Sosialisasikan Hasil Penelitian BB Biogen PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sumarmiyati   
Kamis, 07 September 2017 15:13

Dalam rangka mendesiminasikan produk hasil-hasil penelitian BB Biogen, telah dilaksanakan Sosialisasi hasil penelitian ditingkat daerah yang dilaksanakan di BPTP Kaltim, Selasa 5 September 2017. Sosialisasi dihadiri oleh Ka.BB Biogen Dr. Ir. Mastur, selaku narasumber, Kepala BPTP Balitbangtan Kaltim Dr. Muhammad Amin, S.Pi, M.Si, perwakilan dari Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Timur, Komda SDG Kaltim, UPTD PSBTPH, Perguruan Tinggi se Kota Samarinda, Dinas Pertanian Kutai Kartanegara, serta Peneliti dan Penyuluh BPTP Balitbangtan Kalimantan Timur. Acara dibuka dan dipandu oleh Kepala BPTP Balitbangtan Kaltim dan dianjutkan dengan paparan materi Sosialisasi Oleh Ka.BB Biogen.

Sosialisasi ini merupakan upaya untuk mempercepat diseminasi produk hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh BB Biogen. Produk-produk hasil penelitian yang sudah dihasilkan oleh para peneliti tentunya segera disebarluaskan untuk dimanfaatkan bagi kesejahteraan petani.

Dalam sambutannya Kepala BB Biogen Dr. Ir. Mastur, mengatakan Kalimantan Timur sebagai salah satu daerah yang mempunyai keanekaragaman hayati yang melimpah sangat potensial untuk menghasilkan produk-produk unggulan lokal yang dapat bersaing baik ditingkat nasional maupun internasional. Tanaman asli yang berasal dari Indonesia seperti durian, pisang, tebu dan ubi jalar merupakan sumberdaya genetik yang potensial untuk dikembangkan. SDG saat ini tidak hanya untuk di konservasi namun lebih lanjut harus dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Upaya perlindungan varietas unggul lokalĀ  dapat dilakukan melalui pendaftaran varietas dan pelepasan varietas lokal. Kegiatan SDG ditingkat petani perlu untuk dikembangkan melalui domestikasi dan seleksi untuk mendapatkan varietas unggul lokal. Lebih lanjut beliau mengharapkan saat ini seluruh daerah terutama Pemda Kaltim konsern terhadap satu produk unggulan yang secara berkelanjutan dikembangkan sehingga memiliki market yang luas. Semua itu tentunya di dukung oleh proses breeding, prosessing, branding, promosi dan marketing yang berkelanjutan.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com