Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
wbs
Katam
Suplemen Sinta
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini801
mod_vvisit_counterKemarin974
mod_vvisit_counterMinggu ini6776
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6899
mod_vvisit_counterBulan ini13675
mod_vvisit_counterBulan Terakhir33798
mod_vvisit_counterSemua hari1145230

Online (20 menit yang lalu): 10
IP Anda: 18.207.255.49
,
Hari ini: 14 Des, 2019
Tingkatkan Hasil Melalui Demplot Berbasis Inovasi Teknologi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Tim Redaksi   
Senin, 21 Agustus 2017 16:13

“Potensi lahan yang dimiliki oleh Kalimantan Timur bila dikombinasikan dengan inovasi teknologi berpeluang cukup tinggi dalam mencapai swasembada pangan”, ujar Dr. M. Hidayanto MP (Kepala BPTP Kaltim) dalam pembukaan Workshop  Plot Tanaman Pangan berbasis Inovasi Teknologi yang dilaksanakan Tanjung Redeb, 8 Agustus 2017.

Sebanyak 140 peserta terdiri dari penyuluh se-Kabupaten Berau, Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER), serta pengusaha pakan ternak yang tampak sangat antusias mengikuti jalannya workshop. Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Berau selain menjadi tuan rumah juga menjadi salah satu narasumber.

Salah satu upaya dalam meningkatkan hasil pertanian adalah melalui kegiatan demplot dimasing-masing wilayah melalui inovasi teknologi pertanian. Dalam hal ini peran penyuluh sangat dibutuhkan untuk menjembatani antara petani dengan inovasi teknologi yang ada. Inovasi hasil demplot diharapkan dapat dikembangkan pada kegiatan demfarm yang kemudian akan menjadi model atau percontohan pada wilayah tersebut.

Kementerian Pertanian juga memberikan perhatian yang cukup besar dengan memberikan bantuan seperti alat dan mesin pertanian, benih, pupuk dan juga pembangunan saluran irigasi. Diharapkan kedepannya masing-masing daerah mampu untuk menjadi desa/ daerah mandiri benih sehingga tidak lagi tergantung subsidi benih dari pusat.

Varietas Unggung Baru seperti Inpari, Inpara dan Inpago yang merupakan hasil penelitian dan pengkajian dari Badan Litbang Pertanian diyakini mampu meningkatkan hasil produksi. BPTP Kalimantan Timur siap mendukung pembangunan pertanian di Berau juga menjadi “homebase” nya para penyuluh, disampaikan M. Hidayanto di akhir pertemuan.

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com