Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
wbs
Katam
Suplemen Sinta
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini801
mod_vvisit_counterKemarin974
mod_vvisit_counterMinggu ini6776
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6899
mod_vvisit_counterBulan ini13675
mod_vvisit_counterBulan Terakhir33798
mod_vvisit_counterSemua hari1145230

Online (20 menit yang lalu): 10
IP Anda: 18.207.255.49
,
Hari ini: 14 Des, 2019
Bimbingan Teknologi Peternakan Di Gunung Jamuan Kutai Timur PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Afrilia   
Selasa, 15 Agustus 2017 12:25

Kegiatan Pendampingan Kawasan Peternakan di Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara telah dilaksanakan dengan melakukan bimbingan teknologi berupa pelatihan pada tanggal 20 – 21 Juli 2017 di Rumah ketua kelompok ternak Gunung Jamuan Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara.


Ternak sangat memerlukan pakan yang mengandung gizi, protein dan mineral. Apabila kebutuhan gizi, protein dan mineral terpenenuhi maka anak ternak (pedet) yang lahir menjadi lebih sehat, menurunnya angka kematian ternak, sistem reproduksi ternak menjadi lebih baik, menghindarkan mudah patah tulang ternak dan penyakit diare, kulit ternak menjadi tidak kering dan bersisik, meningkatkan napsu makan, meningkatan pertambahan bobot badan membatasi konsumsi pakan yang berlebihan, menghindarkan dari keguguran dan kemandulan ternak.

Pertemuan dihadiri oleh tim kegiatan pendampingan kawasan peternakan BPTP Kaltim, Puskeswan Kecamatan Tenggarong Seberang beserta perwakilan dari masing–masing kelompok ternak yang ada di Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara. Kemudian, dilanjutkan dengan Bimbingan Teknologi berupa pelatihan di Kelompok Tani Gunung Jamuan.

Pelatihan yang diberikan antara lain pembuatan pakan penguat antara lain fermentasi (silase), garam blok,  dan pakan cair jamu ternak dan susu formula pengganti bagi pedet (CMR/Calf Milk Replacement). Susu formula pengganti bagi pedet sangat berguna untuk pedet yang memerlukan makanan tambahan karena induk sapi mati saat proses kelahiran, air susu induk sapi tidak lancar, mengurangi masalah diare pada pedet karena peternak terlalu pagi menggembalakan di padang gembala. Semoga dengan adanya kegiatan Pendampingan Kawasan Peternakan dengan teknologi yang diberikan bisa menambah pertumbuhan bagi ternak. Jika Nutrisi yang terkandung dalam 2 pakan tersebut tercukupi maka proses kecepatan tumbuh, gemuk dan berproduksi akan terwujud.

 

 

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com