Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
cybex
pustaka
wbs
Suplemen Sinta
Katam

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini52
mod_vvisit_counterKemarin635
mod_vvisit_counterMinggu ini52
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir4128
mod_vvisit_counterBulan ini9688
mod_vvisit_counterBulan Terakhir19784
mod_vvisit_counterSemua hari608448

Online (20 menit yang lalu): 10
IP Anda: 23.20.129.162
,
Hari ini: 18 Nov, 2017
Menyalurkan Hobi dengan Menanam Sayuran di Pekarangan PDF Cetak E-mail
Oleh Wawan Banu P.   
Kamis, 06 Juli 2017 07:14

Pemanfaatan pekarangan untuk menanam sayuran mempunyai  peranan ganda untuk meningkatkan keanekaragaman pola konsumsi pangan dan peningkatan gizi masyarakat. Dengan bertanam sayuran di pekarangan diharapkan akan merangsang masyarakat untuk membiasakan diri mengkonsumsi sayuran sehingga menaikkan tingkat konsumsi sayuran perkapita per tahun di Indonesia

Untuk mengoptimalkan pemanfaatan halaman rumah, sayuran dapat ditanam dalam wadah tanam, seperti : pot, ember, polibag, pipa PVC, talang air, balok kayu, atau bambu. Penanamannya dapat dilakukan dengan sistem pot tunggal, pot gantung, sistem horisontal dan sistem vertikal.

Untuk memulai menanam sayuran di pekarangan terlebih dahulu lakukan penyemaian benih yang akan ditanam. Wadah pesemaian dapat berupa tray atau baki yang dibawahnya diberi lubang untuk keperluan drainase. Kemudian diisi dengan media semai. Media semai berupa campuran pupuk kandang dan tanah dengan perbandingan 1 : 1. Atau dapat juga ditambahkan satu bagian pasir atau satu bagian sekam agar tanah menjadi gembur sehingga mempermudah perkecambahan benih.

Agar benih terbebas dari hama penyakit terlebih dahulu dapat dilakukan perlakuan benih dengan cara merendam benih menggunakan air hangat kuku (450 – 500 C) selama 1 jam setelah itu benih ditiriskan. Sebelum benih disemai, media semai harus dibasahi terlebih dahulu tetapi tidak sampai menggenang atau menggunakan hand sprayer. Kemudian benih disemai dengan rapi atau dibuatkan larikan sebelum disemai. Benih yang tumbuh dapat dipindahkan setelah memiliki 3-5 daun atau sekitar 2-3 minggu setelah dilakukan seleksi.

Tempat  untuk menanan sayuran di pekarangan dapat menggunakan pot, ember plastik, kaleng bekas cat, atau polibag. Polibag yang dapat digunakan berukuran 30 x 40 cm. Terlebih dahulu siapkan campuran media yang berupa tanah, pasir, dan pupuk kandang (perbandingan 1:1:1) atau tanah gembur dengan pupuk kandang (perbandingan 1:1). Untuk mengurangi serangan penyakit jamur dapat dicampurkan tricokompos. Sebaiknya penyiapan media tanam polibag  dilakukan sejak bibit masih dipesemaian agar kepadatannya tetap.

Pemindahan bibit dilakukan setelah mempunyai 4 helai daun dan dipilih bibit  yang sehat. Buat lubang tanam pada polibag dengan diameter 3-4 cm dan dalam 4-5 cm. Sebelum bibit diambil terlebih dahulu dilakukan penyiraman pada media persemaian sehinga lembab dan bibit mudah dikeluarkan. Keluarkan bibit menggunakan sendok kemudian tanam ke dalam media tanam di polibag. Siram atau semprot tanaman menggunakan sprayer tangan.

Pemeliharan tanaman dilakukan setelah tanaman dipindahkan dengan melakukan pemupukan setiap 7 hari sekali dengan dosis yang rendah. Pupuk yang dapat dipakai berupa urea dengan dosis 20 g dalam 10 liter air atau dapat juga menggunakan NPK dengan dosis 20-30 g untuk 10 liter air tergantung dari fase pertumbuhan tanaman. Atau kombinasi menggunakan pupuk organik cair  (POC) dengan dosis minimal 250 ml untuk 10 liter air.  Dosis POC dapat ditingkatkan sesuai kebutuhan pertumbuhan tanaman. Larutan pupuk tersebut diberikan kepada tanaman sebanyak 250 ml per tanaman.

Jika dirawat dengan baik tanaman cabai dapat mulai dipetik hasilnya pada umur 45-50 hari. Buah cabai yang dipanen akan mencapai bobot maksimal, bentuknya padat. Pada pemanenan pertama, jumlah buah yang berwarna merah hanya sedikit akan meningkat pada panen kedua dan ketiga. Tanaman cabai dapat dipanen 1-2 minggu selama 6 bulan tergantung juga dengan pemeliharaan tanaman.

 

Dari berbagai sumber

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com