Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
wbs
Katam
upg
Suplemen Sinta

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini162
mod_vvisit_counterKemarin961
mod_vvisit_counterMinggu ini5622
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6545
mod_vvisit_counterBulan ini17383
mod_vvisit_counterBulan Terakhir24645
mod_vvisit_counterSemua hari1056820

Online (20 menit yang lalu): 11
IP Anda: 35.175.191.150
,
Hari ini: 20 Sep, 2019
Sukseskan Program UPSUS SIWAB BPTP adakan Bimtek di Kota Bangun Kukar PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sundari dan Sionita   
Jumat, 12 Mei 2017 07:04

Bimbingan Teknis (Bimtek) Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) berupa Bimtek Teknis Pendampingan dari BPTP. Bimtek Upsus Siwab dan Kawasan Ternak dilaksanakan di kantor UPTD Kec. Kota Bangun Pada tanggal 2 – 3 Mei 2017. Dihadiri oleh Peneliti penyuluh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Timur, Dinas Peternakan yang diwakili oleh  Bidang Pakan Hijauan Ternak dan Kepala Bidang Kesmavet, Kepala Bidang Budidaya Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Kutai Kartanegara, Kepala UPTD kec. Kota Bangun dan 30 orang petani perwakilan dari 11 kelompok Tani Ternak serta 4 orang penyuluh yang berada di Kec. Kota Bangun, Bimtek dibuka oleh Kepala BPTP yang diwakili oleh Koordinator Penyuluh Retno Widowati.

Dalam Sambutannya Retno mengatakan Bimtek yang dilakukan oleh BPTP dimaksudkan dalam rangka meningkatkan kemampuan dari pada kelompok peternak dibidang pakan ternak agar pakan yang diberikan kepada ternak lebih berkualitas, BPTP Kaltim pada tahun 2017 mendapatkan  program Upsus Siwab sehingga bisa bersinergi dengan Pendampingan kawasan peternakan untuk melaksanakan kegiatan bimtek dibeberapa lokasi yang menjadi target pendampingan Upsus Siwab yaitu Kab. Kukar Kutim dan Kubar. Program SIWAB dilaksanakan di 33 BPTP yang ada di Provinsi, melalui 5 (lima) kegiatan pokok yaitu melakukan koordinasi, sosialisasi, pendampingan, bimbingan dan pembinaan, monitoring dan memberikan masukan juga menyampaikan laporan

BPTP Kaltim bersama-sama Dinas Prop/Kab/Kecamatan dalam rangka mendukung kegiatan Upsus Siwab melakukan Bimtek dan Pembinaan Teknologi (BPTP), Peningkatan Petugas Teknis Inseminasi Buatan (IB) Dinas Peternakan. BPTP menyelenggarakan Bimtek berdasarkan permintaan masyarakat akan kebutuhan pelatihan/Bimtek secara swadana dan swadaya petani ternak. Bimtek yang dilaksanakan di Kota Bangun yaitu Pengolahan Pakan fermentasi, Jamu Ternak, Mineral Blok serta Pembibitan Indigofera yang bahan-bahan tersebut mudah didapat kata Drh. Sionita salah satu peneliti BPTP Kaltim.

Kepala Bidang Pengembangan Pakan Ternak, Yakob mengatakan dengan dicanangkannya Program Upsus Siwab 2017, maka perlu didukung ketersediaan SDM yang memiliki keahlian, pengetahuan dalam mengusahakan ternaknya. Salah satu upaya peningkatan SDM tersebut dilaksanakan melalui Penyelenggaraan Bimtek. Bimtek yang dilaksanakan oleh BPTP kepada kelompok peternak di Kota Bangun guna memberikan ilmu kepada masyarakat memperluas wawasan kepada kelompok ternak agar mengetahui cara-cara mengolah jerami, hijauan yang bisa bernilai ekonomis serta berkualitas sehingga nantinya bisa diterapkan dilingkungannya. Dengan harapan bimtek ini dapat memberikan dampak positif serta bisa menambah peningkatan ekonomi bagi pelaku usaha ternak.

Salah satu Penyuluh BPTP Kaltim Sundari menambahkan, Bimtek ini digelar untuk memberikan tambahan ilmu pengetahuan, ketrampilan bagaimana cara pengolahan pakan dengan bahan yang murah, mudah didapat dan mudah dipraktekan dilapangan dan bahannya tersedia disekitar lokasi. Dengan pengelolaan manajemen pakan yang baik dan benar dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan, pertumbuhan dan perkembangan ternak sapi meningkat, produktifitas dan populasi ternak sapi meningkat sehingga total produksi sapi dapat meningkat. Pendampingan Bimtek ini bisa sebagai wadah pembelajaran untuk saling bertukar pikiran dan pengalaman dalam mendukung peningkatan populasi dan produktivitas ternak sapi di Propinsi Kalimantan Timur.

Pertemuan/Bimtek dilanjutkan dengan praktek pembuatan Pakan fermentasi, Jamu Ternak, Mineral Blok dihalaman kantor UPTD Kota Bangun bersama Peneliti/Penyuluh BPTP Balitbangtan Kaltim, Penyuluh dari UPTD Kota Bangun serta  Bapak/Ibu Kelompok Tani Kota Bangun.

PRAKTEK PEMBUATAN (SILASE, MINERAL BLOK, JAMU TERNAK)

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com