Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini289
mod_vvisit_counterKemarin808
mod_vvisit_counterMinggu ini5038
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini19038
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1033830

Online (20 menit yang lalu): 14
IP Anda: 34.204.179.0
,
Hari ini: 24 Agus, 2019
MINUMAN KESEHATAN ALA “ BUNDA” (bumbu dapur) PDF Cetak E-mail
Oleh Sriwulan Pamuji Rahayu   
Rabu, 10 Mei 2017 08:54

Punya badan sehat, segar dan bugar adalah idaman bagi setiap orang. Tidak perlu repot-repot harus mengeluarkan biaya yang mahal, cukup sederhana, murah, dan ada disekitar kita terutama bagi ibu-ibu yang suka memasak  pasti selalu tersedia dengan bahan-bahan  bumbu dapur tersebut.

 

 

Siapa yang mau punya badan sehat segar dan bugar, yuk kita siapkan bahan-bahannya sebagai berikut :

  1. Temu lawak                        100  gram
  2. Kunyit                                 100  gram
  3. Jahe                                     50  gram
  4. Kencur                                  30  gram
  5. Serai                                      3  batang
  6. Gula aren/merah  secukupnya
  7. Garam sedikit
  8. Air                                         1  liter

Caranya gampang sekali yaitu semua bahan cukup diiris-iris, masukkan kedalam panci yang telah diisi dengan 1 liter air, kemudian direbus hingga mendidih  selama 5 menit dan angkat. Tuangkan ke dalam gelas dan minum selagi masih hangat. Minuman kesehatan ala bunda ini bisa diminum untuk semua anggota keluarga. ampasnya disimpan di kulkas untuk kemudian digeprek atau bisa juga di tumbuk atau diblender dan selanjutnya direbus kembali hingga mendidih.

Temu Lawak (Curcuma xanthorrhiza) yang dicanangkan sebagai minuman kesehatan nasional, tergolong tanaman multifungsi. Kandungan minyak atsiri, kurkuminoid, xanthorrizol dan pati di dalam rimpang temu lawak memungkinkan penggunaan yang luas didalam penyembuhan berbagai penyakit seperti anti kolesterol, anti oksidan, penanggulangan penyakit hati (hepatitis), gangguan pencernaan, dan lain-lain.

 

 

Kunyit (Curcuma domestika) dengan kandungan utama kurkumin dan minyak atsiri, berfungsi untuk pengobatan hepatitis, anti oksidan, gangguan pencernaan, anti mkroba (broad spectrum), anti kolesterol, anti HIV, anti tumor (menginduksi apostosis) menghambat perkembangan sel tumor payudara (hormone dependen an independent), anti invasi, anti rheumatoid arthritis (rematik), menghambat ploriferasi sel tumor pada usus besar (dose-independent).

 

Jahe (Zingiber offisinale Rosc.) merupakan satu diantara jenis komoditas tanaman obat yang sebagian besar rimpangnya deigunakan untuk bahan baku makanan (permen jahe) dan minuman (instan jahe). Fungsi utama jahe dalam pengobatan tradisional adalah untuk mengeluarkan angin dalam tubuh, pengobatan rematik, menghangatkan tenggorokan dan campuran ramuan afrodisiak.

 

 

Kencur (Kaempferia galanga) didunia kesehatan digunakan untk pengobatan gangguan pencernaan, saluran pernafasan dan campuran ramuan afrodisiak, juga digunakan untuk industri kosmetika berbasis bahan alam.  Turunan minyak atsiri dari rimpang kencur etil-para metoksi sinamat (EPMS) merupakan sumber bahan baku potensial untuk pemutih dan tabir surya.

 

 

Serai (Cymbopogon citratus) adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan. Minyak serai adalah minyak atsiri yang diperoleh dengan cara menyuling bagian atas tumbuhan tersebut, mengandung sitronela yang tidak disukai oleh nyamuk sehingga digunakan sebagai pengusir nyamuk atau serangga.

Manfaat daun serai untuk kesehatan sangat banyak sekali, sehingga digunakan sebagai bahan obat-obatan herbal untuk keluhan berbagai penyakit seperti anti kanker, diabetes, anemia, membersihkan bakteri dan infeksi jamur, anti inflamasi dan anti septik, sebagai minyak angin, detoksifikasi, menurunkan berat badan, insomnia, mengurangi kolesterol, tekanan darah tinggi, gastritis atau mulas, sistem saraf, membersihkan usus besar, dan pencernaan.

 

 

SUMBER :

Balitbangtan. 2005. Prospek dan Arah Pengembangan Agribisnis Tanaman Obat . Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Departemen Pertanian. Jakarta.

Ning Harmanto. 2017. Resep Jamu Bunda (bumbu ndapur). PT Mahkota Dewa Indonesia. Jakarta.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com