Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
cybex
pustaka
wbs
Suplemen Sinta
Katam

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini48
mod_vvisit_counterKemarin635
mod_vvisit_counterMinggu ini48
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir4128
mod_vvisit_counterBulan ini9684
mod_vvisit_counterBulan Terakhir19784
mod_vvisit_counterSemua hari608444

Online (20 menit yang lalu): 8
IP Anda: 23.20.129.162
,
Hari ini: 18 Nov, 2017
SRIKAYA MALINAU, si Manis dari Kalimantan Utara PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sumarmiyati dan Noor Roufiq A   
Senin, 10 April 2017 06:46

Kalimantan Timur merupakan salah satu provinsi yang memiliki keanekaragaman sumber daya genetik yang sangat besar yang tersebar di beberapa wiayah Kabupaten/Kota di Kaliamantan Timur. Sumber daya genetik tersebut antara lain tanaman pangan, hortikultura, biofarmaka, tanaman hutan, tanaman perkebunan, dan hewan yang merupakan salah satu sumber kekayaan alam di Provinsi Kalimantan Timur.

Keanekaragaman jenis buah-buahan lokal Kalimantan Timur memiliki ciri khas yang berbeda dengan daerah lainnya. Kekhasaan ini merupak salah satu sumber materi genetik yang dapat dikembangkan untuk peneliian lebih lanjut. Keberadaan buah-bah lokal di Kalimantan Timur saat ini menjadi sumber kekaayaan yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan petani di daerah tersebut.

Srikaya Malianu  Merupakan salah satu buah eksotik asal Kalimantann Timur yang memilik potensi untuk dikembangkan karena memiliki daya adaptasi dan mudah untuk dikembangkan di daerah. Potensi luas lahan kering yang cukup luas di Kalimantan Timur merupakan prospek untuk pengembangan Srikaya Malianau.

Asal-usul Srikaya Malinau :

Tanaman buah Srikaya merupakan salah satu kerabat sirsak dan srikaya yang dikenal dengan nama srikaya malinau. Asal tanaman srikaya ini adalah Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara.

Keunggulan : Ukuran buah besar, rasa asam segar.

Diskripsi : Tanaman berbentuk pohon; tinggi bisa mencapai 4- 15 meter;  Daun berbentuk lonjong (elips); panjang daun  15 – 27,5 cm,  lebar 7,5 – 10 cm; tangkai daun 1 cm; Bunga muncul tiga-tiga pada ranting dan bertangkai panjang; bentuknya seperti sayap melengkung keatas atau lampion dan berbau harum; Benangsari banyak, berdesakan rapat, memanjang membentuk alur dengan kantong sari diatasnya. Bakal buah berambut, tangkai putik memanjang. Kayu batangnya berwarna kuning, dan agak keras, sehingga dipakai untuk membuat perahu kano atau perahu boat. Keistimewaan buah srikaya Malinau adalah ukuran buahnya yang besar.  Bobot buah dapat mencapai 1,5 kg. Bentuk buah bulat agak memanjang, diameter 7,5–12,5 cm.

Buah dipetik bersama tangkaii sepanjang 5 cm. Kulit buah dihiasi tanduk yang disebut areolus.  Warna hijau saat muda lalu berangsur kekuningan bila masak.Tanda buah masak bila daging ditekan terasa empuk. Daging buah putih, lembut tanpa serat dan sedikit berair.  Rasa buahnya tidak terlalu manis seperti srikaya dan tidak terlalu asam seperti sirsak  yaitu terasa manis menyegarkan.  Aroma lebut, tidak menyengat. Buahnya biasa  dimakan langsung disajikan segar, atau dicampur es.

Manfaat : Buah Srikaya mengandung energi sebesar 101 kilokalori, protein 1,7 gram, karbohidrat 25,2 gram, lemak 0,6 gram, kalsium 27 miligram, fosfor 20 miligram, dan zat besi 1 miligram.  Selain itu di dalam Buah Srikaya juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,08 miligram dan vitamin C 22 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Buah Serikaya, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 58 %.

Morfologi Buah Srikaya Malinau

Potensi Pengembangan  Srikaya Malinau

Pengembangan Srikaya Malinau saat ini selain di Kabupaten Malinau juga dikembangkan diseluruh daerah Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur. Srikaya Malinau dengan kemampuan beradaptasi yang baik dan mampu tumbuh di beberapa jenis kondisi tanah yang ada di Kalimantan Timur.

Berdasarkan penyebaran srikaya di setiap daerah memiliki jenis yang berbeda, tanaman ini mampu tumbuh dan berproduksi dengan baik. Jika tanaman ini akan dibudidayakan secara intensif dan komersial untuk mendapatkan hasil yang baik, maka lahan untuk penanaman srikaya harus diolah dengan baik. Tanah harus gembur, banyak mengandung organik, dan memiliki tata air serta udara tanah yang baik sehingga unsur hara tanah mudah tersedia bagi tanaman.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com