Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini569
mod_vvisit_counterKemarin752
mod_vvisit_counterMinggu ini1978
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini15978
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1030770

Online (20 menit yang lalu): 14
IP Anda: 34.239.158.107
,
Hari ini: 20 Agus, 2019
Ragam Jenis Pupuk Kalium PDF Cetak E-mail
Oleh Afrilia   
Jumat, 31 Maret 2017 06:19

Pupuk kalium pun termasuk pupuk tunggal yang banyak digunakan petani untuk memberikan zat hara K pada tanahnya. Jenis pupuk kalium yang pernah digunakan dan masih digunakan sampai saat ini yaitu kalsiumsulfat, kaliumklorida dan patent-kali.

a). Kalsiumsulfat

Dipasaran, pupuk kalsiunsulfat lebih dikenal dengan sebutan ZK (Zawvelzure Kali). Bentuknya butiran kecil warna putih, sifatnya tidak higrokopis dan reaksinya sedikit asam. Ada dua macam pupuk ZK yaitu ZK 90 yang mengandung K2O sebanyak 49 – 50% dan ZK 96 yng mengandung K2O sebanyak 52%. Perbedaan kedua jenis pupuk ini sebenarnya tidak ada, hanya kadar P2O5 ZK 90 yang lebih rendah dari ZK 96.

b). Kaliumklorida

Kaliumklorida dipasaran lebih dikenal dengan sebuan KCl. Pupuk KCl dikenal ada dua macam, yaitu KCl 80 yang mengandung K2O sebanyak 52 – 53% dan KCl 90 yang mengandung K2O sebanyak 55 – 58%.

Pemakaian pupuk KCl memang lebih terbatas dibanding ZK. Ini disebabkan KCl mengandung klorida yang dapt berpengaruh negatif pada tanaman yang tidak membutuhkan atau peka terhadap klorida, misalnya kentang dan wortel. Sementara karet, misalnya klorida tidak memberi pengaruh.

Keracunan klorida sangat tergantung pada iklim dan kondisi tanah. Pada musim kering, tanah agak masam serta struktur tanahnya liat dan berpasir maka keracunan klorida sering terjadi. Ada beberapa akibat dari keracunan tersebut, diantaranya ialah hasil panen menurun karena tanaman lebih cepat mati sebelum waktunya, kadar kering hasil menurun, tipe daun sedikit berlainan dari biasanya, serta rasanya berkurang.

c). Patent-kali (kalium magnesium sulfat)

Pupuk patent-kali (kalium magnesium sulfat) mengandung K2O sebanyak 21 – 30% dan MgO 6 – 19,5%. Patent-kali lebih banyak digunakan didaerah dingin karena kandungan magnesiumnya lebih banyak. Tanah-tanah didaerah dingin biasanya banyak kekurangan zat tersebut. Walaupun demikian, di kawasan Indonesia tidak banyak dijumpai jenis tanah yang kekurangan magnesium, kecuali daerah – daerah tertentu seperti Sumatera bagian timur.

 

Dikutip dari berbagai sumber

 

 

 

 

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com