Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Katam
pustaka
Suplemen Sinta
wbs
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini694
mod_vvisit_counterKemarin795
mod_vvisit_counterMinggu ini3758
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini17758
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1032550

Online (20 menit yang lalu): 15
IP Anda: 34.236.190.216
,
Hari ini: 22 Agus, 2019
Perjanjian Kerjasama Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) dengan BPTP Balitbangtan Kalimantan Timur PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sundari   
Kamis, 16 Maret 2017 07:02

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Kalimantan Timur menyiapkan bibit cabai untuk diberikan kepada masyarakat sebagai salah satu upaya mengatasi tingginya harga cabai sejak beberapa bulan terakhir di Provinsi Kalimantan Timur. Penyediaan bibit cabai tersebut merupakan program kementerian Pertanian yang langsung ditugaskan kepada setiap balai yang ada diprovinsi.

BPTP Balitbangtan Kaltim melakukan penandatanganan kerjasama MOU dengan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) pada tanggal 9 Maret 2017, yang dihadiri oleh Peneliti Penyuluh BPTP Kaltim dan seluruh anggota IWAPI. Kegiatan ini merupakan upaya menjembatani BPTP dengan pengguna (Masyarakat) di wilayah samarinda sebagai upaya serius mendekatkan masyarakat kepada sumber inovasi pertanian. Harapannya, dengan adanya kerjasama ini bisa menjadi salah satu penggerak utama dalam penyebarluasan hasil pertanian lainnya.

Kementerian Pertanian mempunyai program penyediaan bibit cabai yang akan dibagikan secara bertahap penyalurannya untuk mempertahankan harga pasar tetap stabil. Dalam sambutannya Kepala BPTP Balitbangtan Kaltim (Dr. Ir. M. Hidayanto, MP) mengatakan hingga saat ini harga cabai masih sepedas harganya. Kebutuhan cabai di Kaltim cukup tinggi mencapai 16.500 ton/thn artinya Kalimantan Timur masih sangat kekurangan pasokan cabai sekitar 6000 ton/thn, hal ini dikarenakan iklim yang tidak mendukung menjadi salah satu faktor harga cabai dipasaran tinggi.

“BPTP Balitbangtan siap mendukung dan membimbing kegiatan dilapangan dengan sebaik mungkin, melayani masyarakat untuk menanam cabai dalam skala rumah tangga. Dengan pengembangan tanaman cabai disetiap pekarangan rumah yang ditanam oleh ibu rumah tangga minimal 5 - 10 batang dipekarangan rumahnya, secara otomatis masalah ibu rumah tangga akan cabai bisa teratasi pada saat harga tinggi", lanjut Hidayanto.

Ketua IWAPI Hj. Nurhasanah. SE mengucapkan rasa terimakasih yang tak terhingga kepada BPTP Balitbangtan atas terselenggaranya kerjasama ini. Dalam sambutannya Hj. Nurhasanah. SE mengatakan bahwa IWAPI Kaltim serius dalam mendukung program ini. Sinergi dari seluruh pihak sangat dibutuhkan untuk mensukseskan gertam cabai, dan yang tidak kalah penting adalah peran serta dari masyarakat.

BPTP Balitbangtan diharapkan dapat memberikan pelatihan kepada masyarakat khususnya kelompok binaan IWAPI sehingga kegiatan ini tetap berkesinambungan. IWAPI akan bekerjasama dengan mahasiswa melalui pekarangan rumah-rumah kos untuk memberi contoh kepada masyarakat agar termotivasi menanam cabai sehingga kelak tanaman cabai dapat menjadi ikon kota Samarinda, ujar Hj. Nurhasanah.

Pertemuan kerjasama ini juga dilanjutkan praktek menanam cabai didepan halaman kantor BPTP Balitangtan Kaltim bersama Peneliti/Penyuluh dan ibu - ibu IWAPI Kalimantan Timur.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com