Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
Suplemen Sinta
wbs
upg
Katam

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini596
mod_vvisit_counterKemarin877
mod_vvisit_counterMinggu ini4537
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini18537
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1033329

Online (20 menit yang lalu): 11
IP Anda: 18.232.171.18
,
Hari ini: 23 Agus, 2019
Reportase Liputan "Potensi Tanaman Cabai di Kaltim" PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Tim Redaksi   
Kamis, 09 Maret 2017 10:44

Samarinda - Trend harga cabai yang terus meningkat, mendorong pemerintah untuk melakukan program gerakan tanam (Gertam) cabai. BPTP Kalimantan Timur sebagai salah satu unit kerja Kementerian Pertanian di daerah, turut mendukung gerakan ini , dengan membagikan 150 ribu bibit cabai di tahun 2017 untuk wilayah Kalimantan Timur.

Dalam melakukan distribusi bibit cabai BPTP bekerja sama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalimantan Timur, Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPID) Provinsi Kalimantan Timur, serta yang akan menyusul kerjasama dengan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI). Hal itu dinyatakan oleh Kepala BPTP Balitbangtan Kalimantan Timur (Dr. Ir. M. Hidayanto, MP) pada siaran langsung Dialog Publika di stasiun televisi TVRI Kalimantan Timur pada jumat 3 Maret 2017.

Dialog yang mengusung tema potensi tanaman cabai di Kalimantan Timur, turut menghadirkan Peneliti BPTP Balitbangtan Kalimantan Timur (Yossita Fiana, SP., M.Si) dan petani cabai binaan BPTP Balitbangtan Kalimantan Timur (Hartoni).

Tanaman Cabai merupakan salah satu komoditas hortik yang cukup populer, jauh sebelum adanya Gertam, komoditas ini sudah mendapatkan perhatian khusus dari BPTP Balitbangtan Kalimantan Timur. Kegiatan Pendampingan Tanaman Hortikultura untuk komoditas cabai, merupakan salah satu proses yang dilakukan oleh BPTP untuk membantu pemenuhan kebutuhan cabai di Kalimantan Timur dengan melakukan desiminasi inovasi teknologi budidaya cabai.

Hartoni sebagai salah satu petani cabai binaan BPTP Balitbangtan Kalimantan Timur, menyatakan bahwa pendampingan yang dilakukan oleh BPTP sangat membantu dalam usaha budidaya tanaman cabainya, sehingga paling tidak bisa membuat nya ikut berkontribusi dalam pemenuhan pasokan cabai, khusus nya untuk wilayah Samarinda. Sementara itu potensi tananam cabai yang cukup bagus di Kalimantan Timur bisa lebih dimaksimalkan, untuk itu Yossita Fiana, SP., M.Si., terkait Gertam Cabai di kalimantan Timur juga menyatakan bahwa dalam mengatasi keterbatasan produksi cabai tidak hanya dapat ditangani oleh petani tapi juga bisa dilakukan dengan memberdayakan Ibu-Ibu rumah tangga melalui pembagian bibit cabai dan himbauan untuk melakukan penanaman cabai secara mandiri di perkarangan.

Untuk kedepan, sasaran Gertam yang dilakukan oleh BPTP akan diperluas ke wilayah Kalimantan Utara. Dan karena jangkauan wilayah kerja yang cukup luas, serta karakteristik komoditas tanaman yang spesifik lokasi, maka bagi masyarakat yang membutuhkan informasi lebih terkait budidaya tanaman cabai, bisa menghubungi tim peneliti di kantor BPTP Balitbangtan Kalimantan Timur.

 

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com