Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
upg
Portal PPID
wbs
Katam
Suplemen Sinta

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1097
mod_vvisit_counterKemarin1266
mod_vvisit_counterMinggu ini8463
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir8006
mod_vvisit_counterBulan ini4929
mod_vvisit_counterBulan Terakhir35849
mod_vvisit_counterSemua hari1389964

Online (20 menit yang lalu): 11
IP Anda: 3.214.184.223
,
Hari ini: 04 Jul, 2020
Santiaji Dorong Minat Mahasiswa ke Dunia Pertanian PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Fitri F dan Sumarmiyati   
Jumat, 03 Maret 2017 14:20

Kepala BPTP Balitbangtan Kaltim, Dr. Ir. M. Hidayanto, MP. menjadi narasumber pada acara Santiaji Mahasiswa PKL Politeknik Negeri Samarinda dan sekaligus melakukan diskusi dan tanya jawab dengan mahasiswa di Auditorium Politeknik Negeri Samarinda, Senin (20/02/2017). Acara ini dihadiri oleh mahasiswa yang akan mengikut PKL tahun 2016/2017 beserta dosen pembimbing.

M. Hidayanto mengungkapkan bahwa saat ini sektor pertanian menghadapi masalah yang serius terutama terkait ketersediaan dan keterbatasan Sumber daya manusia sebagai tenaga kerja disektor pertanian. Pemuda sebagai penerus dan sekaligus menjadi pundak tumpuan pembanguan pertanian diharapkan menjadi motor penggerak pertanian di Kalimantan Timur khususnya.

Kepala Balai, M. Hidayanto menilai saat ini mahasiswa cenderung kurang mau terjun langsung ke lapangan. Semua jurusandapat terjun ke pertanian dan tidak harus jurusan pertanian saja. Hal ini dikarenakan, mahasiswa mempunyai peran yang sangat strategis dalam peningkatan pertanian di Kalimantan Timur.

Peran aktif mahasiswa diharapkan dapat menjadi solusi permasalahn disekor pertanian. Lebih lanjut Hidayanto mengungkapkan, sekecil apapun solusi yang kita berikan seyogyanya mampu memecahkan suatu masalah bukan menghindari permasalahan yang ada. Konsep pertanian modern dapat menjadi solusi untuk menarik minat mahasiswa.

Kegiatan santiajiĀ  bagi mahasiswa PKL merupakan pembekalan bagi mahasiswa sebelum terjun ke lapangan. Dengan mengetahui permasalahan yang ada, seperti kurangnya SDM, kurangnya minat mahasiswa terjun ke dunia pertanian, menyempitnya luas pertanian, menjadikan tantangan bagi para mahasiswa dalam mengatasi masalah tersebut dan yang terpenting adalah niat dalam diri untuk membangun pertanian. Para mahasiswa nampak antusias dalam mengikuti acara tersebut. Acara ditutupĀ  dengan sesi diskusi dan tanya jawab.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com