Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta
wbs

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini176
mod_vvisit_counterKemarin860
mod_vvisit_counterMinggu ini3065
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5249
mod_vvisit_counterBulan ini16445
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1031237

Online (20 menit yang lalu): 13
IP Anda: 18.232.53.231
,
Hari ini: 21 Agus, 2019
BPTP dan KPPI Kaltim Canangkan “Kampung Cabai” di Samarinda PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sumarmiyati   
Rabu, 01 Maret 2017 13:26

Tingginya harga cabai saat ini menjadi salah satu masalah utama kementerian pertanian. Kementan dalam hal ini BPTP Balitbangtan Kaltim bekerjasama dengan PKK, KPPI dan IWAPI Kaltim mendorong warga masyarakat terutama setiap rumah tangga untuk peduli dan turut serta mengatasi masalah cabai melalui gerakan menanam cabai. Gerakan ini dilakukan dengan pencanangan Kampung Cabai di RT 17, Kelurahan Mugirejo, Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda (Jumat 24 Februari 2017).

Pencanangan Kampung Cabai ini dihadiri oleh Kepala BPTP Balitbangtan Kaltim, DPP KPPI Kaltim, IWAPI Kaltim, Camat Sungai Pinang, KSPP BPTP Balitbangtan Kaltim, Peneliti BPTP Balitbangtan Kaltim serta warga masyarakat RT 17 Kelurahan Mugirejo. Kepala BPTP Balitbangtan Kaltim (Dr.Ir.M.Hidayanto,MP) dalam sambutannya menyatakan bahwa BPTP akan memberikan  bantuan dalam bentuk bibit bukan dalam bentuk tanaman siap panen, agar menjadi pembelajaran bagi warga masyarakat. Kampung cabai ini diharapkan dapat dicontoh ditempat lain dan Samarinda sebagai pusatnya. Kalau produksi banyak diharapkan dapat dijual keluar daerah atau provinsi lain.

Lebih lanjut Kepala BPTP Balitbangtan Kaltim mengatakan bahwa saat ini sudah dibagikan cabai kepada warga masyarakat sekitar 25.000 bibit cabai sedangkan dengan KPPI ditargetkan sekitar 15.000 bibit cabai. Ke depan yang dikembangkan tidak hanya cabai tetapi juga jenis sayuran lainnya. BPTP siap membantu untuk penyediaan cabai, dan diharapkan disetiap rumah warga masyarakat minimal di tanam 7 pot tanaman cabai.

DPP KPPI Kaltim yang di wakili oleh Ibu Fitri, mengucapkan terima kasih kepada BPTP Balitbangtan Kaltim atas bantuan dan kerjasama selama ini, dan berharap kegiatan dapat terus berlanjut. KPPI berkewajiban untuk melakukan pengecekan dan pelaporan serta mengawal untuk kegiatan di lapangan. Sementara itu Ketua Dharmawanita Kecamatan Sungai Pinang (Camat Sungai Pinang), Hj. Siti Hasanah, mengharapkan pencanangan kampung cabai ini dapat mengatasi harga cabai yang tinggi saat ini. Hj. Siti menyampaikan terima kasih kepada BPTP Balitbangtan Kaltim yang telah memberi bantuan bibit cabai bagi warga masyarakat. Bantuan bibit ini diaharapkan dapat memotivasi warga masyarakat untuk mengembangkan tanaman cabai. Pencanangan Kampung Cabai ini merupakan yang “Pertama” di Kota Samarinda sehingga diharapkan dapat berkembang dengan baik dan menjadi contoh di daerah lain.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com