Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Katam
pustaka
Suplemen Sinta
wbs
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini696
mod_vvisit_counterKemarin795
mod_vvisit_counterMinggu ini3760
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini17760
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1032552

Online (20 menit yang lalu): 16
IP Anda: 34.236.190.216
,
Hari ini: 22 Agus, 2019
Petugas Lapang Harus Optimalkan SIMOTANDI PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Tim Redaksi   
Jumat, 24 Februari 2017 16:04

Kepala Balai BPTP Balitbangtan Kalimantan Timur (Dr. Ir. M. Hidayanto, MP) beserta Tim Upaya Khusus (UPSUS) melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dalam rangka mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) UPSUS PAJALE (Padi, Jagung, Kedelai) di kantor Balai Penyuluhan Pertanian Jl. Pesut Kelurahan Timbau (21/2).

Rakor yang dilaksanakan dalam rangka kejar target Luas Tambah Tanam (LTT), sinkronisasi data serta sosialisasi SIMOTANDI turut dihadiri oleh Kepala Dinas dan Kepala UPT Dinas Peternakan Kab.Kukar, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0906/TGR Kab.Kukar, Kepala BPS Kab.Kukar dan Komandan Daerah Militer (Danramil) Kab.Kukar serta Bintara Pembina Desa (Babinsa).

Pada sambutanya Kepala BPTP Balitbangtan Kaltim memberikan apresiasi atas kerja keras para petugas lapang, Babinsa, tim kerja BPS, tim kerja dinas dan segenap pihak yang terkait dalam pelaksanaan progran UPSUS di Kab.Kukar. Dijelaskannya bahwa secara umum Indonesia sudah swasembada beras, akan tetapi wilayah Kaltim masih belum swasembada dan masih membutuhkan pasokan beras dari pulau lain, sehingga diperlukan dukungan semua pihak agar target Kaltim mandiri pangan 2018 dapat tercapai.

Konversi lahan yang cukup tinggi saat ini menjadi kendala dalam pencapaian swasembada pangan, untuk itu diperlukan cetak sawah baru dan mulai menggarap lahan kering untuk mengembangkan lahan tanam tanaman pangan (padi, jagung, kedelai). Mengingat kontribusi Kab.Kukar terhadap target LTT sekitar 40% dari target kaltim 112 ribuan Ha, maka ke depan kontribusi tersebut perlu dioptimalkan agar target Kaltim dapat tercapai.

Pada akhirnya Rakor UPSUS kali ini membuahkan suatu kesepakatan bahwa untuk melihat progres program UPSUS maka penyampaian laporan LTT harian, mingguan dan bulanan harus tetap berlanjut sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Dan untuk mengoptimalkan capaian target LTT, maka perlu adanya sinkronisasi data antara data UPSUS dan SIMTP mulai dari tingkat kecamatan, serta finalisasi nya di tingkat Kabupaten. Disamping itu pemanfaatan Simotandi (Sistem Informasi Monitoring Pertanaman Padi) sebagai alat bantu untuk pelaporan LTT harus dioptimalkan oleh petugas lapangan/ pencatat data.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com