Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini452
mod_vvisit_counterKemarin752
mod_vvisit_counterMinggu ini1861
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini15861
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1030653

Online (20 menit yang lalu): 7
IP Anda: 3.81.28.94
,
Hari ini: 20 Agus, 2019
Ragam Jenis Pupuk Fosfor PDF Cetak E-mail
Oleh Afrilia   
Selasa, 21 Februari 2017 17:07

Ragam jenis pupuk fosfor tergolong cukup banyak, tetapi yang dikenal pengguna pupuk atau petani di Indonesia saat ini hanya beberapa jenis saja. Itu pun hanya dari jenis superfosfat rangkap, yaitu sebagai berikut :

a)     TSP (Triplesuperfosfat)

Pupuk ini merupakan pengganti DS saat hubungan Indonesia dengan Belanda kurang baik. TSP didatangkan dari Amerika Serikat. Kadar P2O5 46 – 48 %. Warnanya abu – abu. Benuknya berupa butiran (granlated). Sifatnya mudah larut dalam air dan reaksi fisiologisnya netral.

b)     SP-36

SP-36 mulai populer akhir – akhir ini karena keberadaab TSP di pasaran mulai berkurang. Masalahnya kandungan bahan impor dari TSP sulit diperoleh. Kadar P2O5 pupuk SP-36 hanya 36%. Namun, fisik, warna dan sifatnya tidak berbeda dengan TSP.

c)     Pupuk Fosfor Yang Lain

Selain ketiga jenis pupuk fosfor tersebut, masih banyak lagi jenis pupuk fosfor yang keberadaannya di Indonesia sangat terbatas.

Ini disebabkan pupuk tersebut masih diimpor, persediannya di alam sangat terbatas, kurang dikenal, atau harganya sngat mahal. Beberapa jenis pupuk tersbut antara lain sebagai berikut :

DS (Dubbelsuperfosfat)

Bahan utana pupuk superfosfat rangkap ini adalah fosfat alam, asam belerang, dan gypsum. Kadar P2O5 nya 36 – 38%. Pupuk ini didatangkan dari Belanda. Warnanya abu –abu. Bentuknya berupa serbuk. Sifatnya mudah larut dalam air dan reaksi fisiologisnya netral.

Superfosfat Tunggal

Pupuk ini dikenal dengan ES (enkelsuperfosfat). Bentuknya berupa bubuj warna abu – abu. Kadar P2O5 nya 14 – 20%. Pupuk ini dibuat dari fosfat alam dan asam belerang. Sifatnya mudah larut dalam air dan agak sedikit higroskopis.

Fosfat Cirebon

Disebut Fosfat Cirebon karena asalnya dari batuan fosfat alam pegunungan Kromomg, Cirebon, Jawa Barat. Kadar P2O5 nya 25 – 28%. Warnanya cokelat muda.

Agrophos

Bahan utama pupuk ini berupa fosfat alam dari Afrika Utara, Algria. Kadar P2O5 nya 25% dan warnanya abu – abu.

Fused Magnesium Phospahate (FMP)

Pupuk ini buatan Jepang. Bentuknya berupa serbuk halus wrna abu – abu keputihan. Kadar P2O5 nya 19 – 21% dan  MgO 15 – 18%. Pupuk ini tidak higroskopis

Kalsium-metafosfat

Kadar P2O5 sangat tinggi yaitu 65%. Reaksinya normal.

Serbuk Thomas

Kadar P2O5 pupuk ini 14 – 18%. Bentuknya berupa serbuk halus warna abu – abu cokelat sampai hitam. Pupuk ini berasal dari hasil sampingan pembuatan besi baja yang pertama kali ditemuakan oleh orang Inggris, S.G. Thomas.

Citraphos dan CIRP

Kandungan P2O5 pupuk Citraphos (fosfat alam Yordania) dan Chrismass Island Rock Fosfat (CIRP) berkisar 32 – 36%. Butirannya cukup halus.

Dikalsiumfosfat

Kandungan P2O5 pupuk ini berkisar 37 – 41%. Pupuk ini dibuat dari fosfat alam dan asam klorida yang kemudian dicampur kapur.

 

Dikutip dari berbagai sumber.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com