Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini458
mod_vvisit_counterKemarin752
mod_vvisit_counterMinggu ini1867
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini15867
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1030659

Online (20 menit yang lalu): 8
IP Anda: 3.81.28.94
,
Hari ini: 20 Agus, 2019
Kejar 6.186 Ha di Okmar, BPTP Kaltim Adakan Rakor di Kubar PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Rina D   
Jumat, 17 Februari 2017 06:46

Dalam rangka mengejar target nasional luas tambah tanam (LTT) 6.186 Ha untuk Kabupaten Kutai Barat di Oktober – Maret (Okmar) 2016/2017, BPTP Kaltim mengadakan rapat koordinasi Upsus. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Kutai Barat pada hari Rabu tanggal 08 Februari 2017.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Kutai Barat, Finsen Allotodang, dihadiri oleh Danramil dan Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) 16 (enam belas) kecamatan di Kabupaten Kutai Barat. Dari kegiatan ini akhirnya diperoleh data LTT dari bulan Oktober s/d Desember 2016, dimana hasilnya cukup signifikan untuk pencapaian target LTT Okmar 2016/2017.

Selain membahas tentang LTT, pada rakor ini juga dilakukan penandatangan berkas bantuan benih padi sejumlah 240 kg yang terdiri dari 5 (lima) varietas yang telah diserahkan pada KTNA di Kampung Meladuk, Kec. Long Iram. Penandatangan dilakukan oleh Ir. Tarbiyatul Munawwarah, M.Si, selaku Pihak I dari BPTP Kalimantan Timur, dan Kepala Dinas Pertanian selaku Pihak II.

Dan yang tak kalah menariknya adalah penjelasan dari BPTP Kaltim terkait Simotandi dan Citra Landsat-8 guna memantau lokasi yang memiliki potensi tanam dan panen secara akurat sehingga mempermudah petugas lapangan untuk merencanakan percepatan tanam padi baik level nasional, provinsi, kabupaten, kecamatan maupun blok sawah. Selain itu, Citra Landsat-8 dapat mendeteksi sebaran sawah yang belum dimanfaatkan, luas potensi tanam, kebutuhan air, alsintan, kebutuhan agro input, prediksi panen dan antisipasi pasokan, stok, harga dan lainnya. Citra Landsat-8 menampilkan peta dan data tabular yang dapat digunakan untuk mengetahui jumlah luas tanam pada beberapa fase ditingkat provinsi, kabupaten/ kota dan kecamatan. Data yang dihasilkan bukanlah mutlak namun relative lebih akurat, transparan dan fairness dapat di validasi oleh semua pihak. Cara penggunaannya adalah dengan membuka website (http://sig.pertanian.go.id) atau (http://sig.pertanian.go.id/ fasetanampadi/).

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com