Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
wbs
Katam
Suplemen Sinta
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini801
mod_vvisit_counterKemarin974
mod_vvisit_counterMinggu ini6776
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6899
mod_vvisit_counterBulan ini13675
mod_vvisit_counterBulan Terakhir33798
mod_vvisit_counterSemua hari1145230

Online (20 menit yang lalu): 10
IP Anda: 18.207.255.49
,
Hari ini: 14 Des, 2019
"ANGKAK", Beras fermentasi untuk menjaga kesehatan PDF Cetak E-mail
Oleh Sriwulan Pamuji Rahayu   
Kamis, 16 Februari 2017 06:57

Angkak  merupakan salah satu jenis beras yang berasal dari Tiongkok yang telah difermentasikan dengan menggunakan ragi Monascus sp. Meskipun berwarna merah, namun awalnya angkak merupakan jenis beras putih.  Di Indonesia  angkak belum begitu populer, namun sejak jaman dahulu di negara asalnya dari Negeri Tirai Bambu China, awalnya dikenal dan dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan herbal yang sangat manjur yang dipercaya dapat memperlancar pencernaan dan meregenerasi sel darah merah.

Angkak (Red Yeast Rice)  masuk kedalam kategori makanan fungsional yang dihasilkan dari fermentasi beras dengan khamir Monascus purpureus.  Senyawa bioaktif yang terdapat dalam angkak adalah Monakolin K yang memiliki kesamaan mekanisme dengan obat golongan statin yang dapat menghambat biosintesis kolesterol dalam hati. Hasil penelitian dari Becker dkk (2009),  dan Lin dkk (2005),  menyatakan bahwa angkak dapat menurukan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL. Sedangkan Wang dan Lin (2007) menyatakan bahwa angkak dapat menurunkan gula darah dan trigliserida dalam tubuh.

Manfaat dan khasiat angkak bagi kesehatan

Angkak merupakan satu diantara jenis bahan yang banyak dimanfaatkan, baik air hasil rendaman maupun angkak itu sendiri. Beberapa manfaat angkak bagi kesehatan tubuh adalah dapat menurunkan kadar kolesterol, menurunkan kadar gula darah, meningkatkan jumlah trombosit  bagi penderita demam berdarah, menurunkan hipertensi (tekanan darah tinggi), melancarkan pencenaan, membantu meregenerasi sel darah merah,  serta meningkatkan daya tahan tubuh. Selain bermanfaat bagi tubuh, ternyata angkak juga dapat digunakan sebagai pewarna alami, dan juga sebagai bahan makanan.

Sebagai obat tradisional, cara menggunakan angkak yaitu,  ditumbuk halus, dimasukkan ke dalam gelas kemudian diseduh dengan air panas dan diendapkan sekitar satu jam baru diminum atau bisa juga dimasak terlebih dahulu. Batas aman penggunaan angkak adalah 55 mg/hari.

Catatan Penting : Walaupun angkak membawa khasiat bagi kesehartan, akan tetapi penggunaan angkak per hari melebihi 1.200 mg akan berakibat fatal dan menimbulkan efek samping seperti  gangguan perut, gangguan ginjal, gangguan pencernaan, sakit kepala, dll. Penderita ganggunan ginjal, liver, ibu hamil dan menyusui tidak disarankan untuk mengkonsumsi angkak karena aktivitas dari monakolin. K.

 

****************

 

REFERENSI :

_______ . 2016. Literatur Rempah Herbal Indonesia.  Borobudur Natural Herbal Industry.

_______. 2015.  8 Manfaat Angkak Bagi Kesehatan- Obat Demam Berdarah. http://manfaat.co.id/solusi batuk [Tuesday 07th,February 2017/10:08:18 am].

_______. 10 Efek Samping Angkak Merah (No.2 Mengerikan). http://halosehat.com/farmasi /herbal/efek-samping-angkak  [7 Februari 2017]

Becker D.J. et al. 2009. Red yeast rice for dyslipidemia in statin-intolerant patients.

Lin, C.C., T-C Li, and M-M Lai. 2005. Efficacy and safety of Monascusnpurpureus went rice in subjects with hyperlipidemia. European J endocrinology

Wang, T.H., and T.F. Lin. 2007. Monascus rice products. Avances in Food an Nutrition Research.

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com