Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini119
mod_vvisit_counterKemarin620
mod_vvisit_counterMinggu ini739
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5249
mod_vvisit_counterBulan ini14119
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1028911

Online (20 menit yang lalu): 7
IP Anda: 35.175.120.59
,
Hari ini: 18 Agus, 2019
Dukung Upsus Padi di Meladuk, BPTP Kaltim Berikan Bantuan Benih PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Rina D   
Jumat, 10 Februari 2017 06:24

Kampung Long Iram Seberang atau disebut Kampung Meladuk merupakan salah satu kampung di Kecamatan Long Iram Kabupaten Kutai Barat yang merasakan dampak langsung kegiatan Upaya Khusus (Upsus) Padi. Pada awalnya lahan potensial seluas 70 Ha di kampung ini belum dimanfaatkan sama sekali. Seiring berjalannya waktu, lahan tersebut mulai dimanfaatkan untuk pertanaman padi, yang pada akhirnya mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah setempat melalui pendampingan Upsus Padi.

Selasa 07 Februari 2017, pemerintah daerah Kabupaten Kutai Barat melaksanakan panen bersama padi varietas Inpara 2 di Kampung Meladuk yang dihadiri oleh Wakil Bupati Kutai Barat, Camat Long Iram, Anggota DPRD Kutai Barat, Kepala SKPD terkait, penyuluh, dan petani/ KTNA di Kampung Meladuk. Selain itu Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten, Kapolsek, dan Danramil juga hadir. Dari hasil ubinan diperoleh perkiraan produktivitas 4,85 ton perhektar, dari produktivitas awal 2,5 ton perhektar. Ini menunjukkan bahwa pendampingan Upsus Padi di kampung ini cukup baik dan perlu ditingkatkan. Untuk tahun-tahun berikutnya diharapkan produktivitas bisa mencapai 5-6 ton perhektar dengan memanfaatkan Varietas Unggul Baru (VUB), teknik budidaya yang tepat, mekanisasi alsintan, dan pemberdayaan penyuluh pertanian yang ada.

Pada kesempatan itu pula, BPTP Kaltim melalui penanggungjawab kegiatan Upsus, Ir. Tarbiyatul Munawwarah, M.Si, memberikan bantuan benih padi sejumlah 240 kg untuk kelompok tani di Kampung Meladuk, yang terdiri dari 5 (lima) varietas yaitu Inpago 5, Inpago 8, Inpari 6, Inpari 30, dan Ciherang. Benih tersebut diharapkan dapat mendukung suksesnya program “Pengisian Lumbung Kampung” yang dicanangkan oleh Wakil Bupati Kutai Barat, H. Edyanto Arkan, SE.


 

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com