Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini289
mod_vvisit_counterKemarin808
mod_vvisit_counterMinggu ini5038
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini19038
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1033830

Online (20 menit yang lalu): 14
IP Anda: 34.204.179.0
,
Hari ini: 24 Agus, 2019
Tingkatkan akurasi data Luas Tambah Tanam dengan Citra Landsat-8 PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Margaretha   
Senin, 30 Januari 2017 06:52

26 Januari 2016, Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Dinas Pangan , Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH) Prov. Kaltim dan Kodam VI Mulawarman mengadakan pertemuan upaya pencapaian luas tambah tanam Pajale (sosialisasi pemanfaatan citra landsat-8) di Auditorium Kodam VI Mulawarman  Kota Balikpapan.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas PTPH Kaltim (Dr. Ir. H. Ibrahim, MP),  dan diikuti oleh  70 peserta terdiri dari Pusdatin Kementerian, Dinas Kab/Kota Se Kalimantan Timur, Para Babinsa serta PJ UPSUS Kaltim (BB.Padi), BPTP Kaltim.

“data satelit dapat digunakan sebagai panduan di lapangan untuk mendeteksi lokasi yang memiliki potensi. Lokasi tersebut akan di tingkatkan Indeks Pertanaman sehingga Kaltim mampu mencapai target yang diberikan yaitu 112.800 Ha Musim Tanam  Okt – Mar” harap Ibrahim diakhir sambutannya.

Selanjutnya, Kepala Pusdatin (Dr.Ir. Suwandi, M.Sc) memberikan penjelasan cara menggunakan hingga manfaat dari data yang dikeluarkan oleh citra lansat-8. Alat ini mudah diaplikasikan baik di Laptop dengan membuka website (http://sig.pertanian.go.id) maupun HP Android (http://sig.pertanian.go.id/fasetanampadi/).

Citra landsat-8 merupakan alat bantu yang dapat digunakan untuk memantau lokasi yang memiliki potensi tanam dan panen secara akurat.  Sehingga mempermudah petugas lapangan untuk merencanakan percepatan tanam padi baik level nasional, provinsi, kabupaten, kecamatan maupun blok sawah.

Selain itu citra lansat-8 dapat mendeteksi sebaran sawah yang belum dimanfaatkan, luas potensi tanam, kebutuhan air, alsintan, kebutuhan agro input, prediksi panen dan antisipasi pasokan, stok, harga dan lainnya.

Citra Lansat – 8 menampilkan peta dan data tabular yang dapat digunakan untuk mengetahui jumlah luas tanam pada beberapa fase ditingkat Provinsi, Kabupaten/ Kota dan Kecamatan. Data yang dihasilkan bukanlah mutlak namun relative lebih akurat, transparan dan fairness dapat di validasi oleh semua pihak. Bila ada perbedaan dapat memastikan dengan turun langsung atau verifikasi (groundcheck) lapangan.

 

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com