Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
wbs
Katam
Suplemen Sinta
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini809
mod_vvisit_counterKemarin974
mod_vvisit_counterMinggu ini6784
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6899
mod_vvisit_counterBulan ini13683
mod_vvisit_counterBulan Terakhir33798
mod_vvisit_counterSemua hari1145238

Online (20 menit yang lalu): 12
IP Anda: 18.207.255.49
,
Hari ini: 14 Des, 2019
Saatnya Pemuda Terjun ke Pertanian PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Margaretha   
Rabu, 02 November 2016 07:26

Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Drs. Edi Damansyah, M.Si) mengawali Pencanangan  “Gerakan Pemuda Tani menanam” dengan upacara yang diikuti oleh 400 peserta. Diantaranya Kepala BPTP Kaltim, Kepala Dinas Pertanian  Kab. Kutai Kartanegara, SKPD lingkup Provinsi dan Kabupaten, petani serta Mahasiswa Unikarta dan Pelajar SMA/SMK se-Kab. Kutai Kartanegara.

Kegiatan yang dimotori oleh BPTP Kaltim, Pemerintah Kab. Kutai Kartanegara dan Fakultas Pertanian UNIKARTA berharap ini menjadi suatu gerakan memotivasi semangat pemuda untuk terjun di dunia pertanian.

Hasil evaluasi di lapangan menunjukkan bahwa sebagian besar petani saat ini berusia diatas 40 tahun begitu juga dengan rumah tangga petani yang terjadi banyak penurunan. Di wilayah Prov. Kalimantan Timur penurunan rata – rata pertahunnya 11,01 %, sedangkan untuk Kab. Kutai Kartanegara angkanya lebih besar mencapai 33,34 %.

Oleh sebab itu Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara memberikan perhatian pihak yang cukup besar di sektor Pertanian. Salah satunya menciptakan Generasi Emas Pemuda Tani, yaitu generasi yang memiliki kepedulian dan keinginan kuat yang didukung oleh kompetensi keahliah di bidang pertanian.

BPTP Kaltim juga akan selalu mendampingi serta memperkenalkan segala teknologi inovasi untuk meningkatkan hasil pertanian. Apabila menemukan permasalahan dalam berusaha tani agar langsung melaporkannya untuk dicarikan solusi segera.

Seluruh pihak baik dari pemerintah pusat, daerah maupun swasta sangat mendukung, terlihat dari pemberian bantuan yang diserahkan pada saat upacara. Mesin air, tandon, sumur bor, pupuk, benih sayuran dan buah semusim diberikan oleh beberapa perusahaan. BPTP sebagai institusi pusat didaerah juga memberikan bantuan benih VUB yang diberikan langsung oleh Kepala BPTP Kaltim (Dr.Ir.M.Hidayato MP) disaksikan Wakil Bupati Kukar.

Setelah upacara, seluruh peserta turun ke lahan untuk melakukan tanam padi bersama. Selain penanaman secara manual, peserta juga diajak menanam dengan menggunakan alat tanam Indojarwo Transplanter.

Lahan pertanian seluas 2 Ha ini akan dijadikan sebagai tempat berlatih serta praktek secara langsung bagi Pelajar dan Mahasiswa, yang dibantu oleh petani dan dibimbing oleh Dosen Pertanian. Rencananya di lahan tersebut akan ditanami Padi, tanamanan hortikultura (Cabe, Tomat, Sawi, Selada dan Kemangi), tanamanan buah semusim (semangka dan melon).

Kepala BPTP Kaltim (Dr.Ir.M.Hidayato MP) disaksikan Wakil Bupati Kukar (Drs. Edi Damansyah, M.Si) memberikan bantuan benih padi VUB Inpari 30

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com