Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
upg
pustaka
Suplemen Sinta
wbs
Katam

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini518
mod_vvisit_counterKemarin875
mod_vvisit_counterMinggu ini518
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6850
mod_vvisit_counterBulan ini14267
mod_vvisit_counterBulan Terakhir33798
mod_vvisit_counterSemua hari1145822

Online (20 menit yang lalu): 10
IP Anda: 3.231.212.98
,
Hari ini: 15 Des, 2019
Ketimpangan antara Jumlah dan Kebutuhan akan Penyuluh PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Margaretha   
Selasa, 11 Oktober 2016 16:20

Samarinda (7/10/2016) Penyuluh Pertanian (M.Rizal SP) didampingi oleh Humas (Margaretha,S.Sos, M.Sc) BPTP Kaltim menjadi narasumber dalam program Dialog Interaktif di RRI Pro 1 Samarinda. Topik yang dibahas pada kesempatan ini adalah peran, serta keberadaan penyuluh yang ada di Kaltim dan Kaltara.


Penyuluh pertanian memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas SDM Pertanian guna memantapkan ketahan pangan peningkatan nilai tambah dan daya saing produk pertanian serta peningkatan kesejahteraan petani.

Akan tetapi saat ini BPTP Kaltim hanya memiliki 3 orang fungsional penyuluh untuk wilayah kerja Kaltim dan Kaltara. Jumlah ini jelas tidak mencukupi apabila mengikuti Peraturan Menteri Pertanian yang mengharuskan jumlah penyuluh pertanian sama dengan jumlah desa yang ada. “ Jelas M.Rizal.

Informasi dari BKPP Prov Kaltim saat ini tenaga penyuluh yang tersebar di Kaltim 1.429 orang yaitu gabungan dari penyuluh PNS, Penyuluh swadaya dan daerah. Jumlah ini tidak sebanding dengan kebutuhan untuk membina kelompok tani yang berjumlah 6.968.

Melihat ketimpangan antara jumlah dan kebutuhan penyuluh,diharapkanPemerintah (pengambil kebijakan) dapat menambah formasi penyuluh dengan penyebarannya yang disesuaikan. Sehingga Penyuluh dapat berperan dengan maksimal dalam meningkatkan sikap dan perilaku dalam menjalankan usaha tani.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com