Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
wbs
Katam
Suplemen Sinta
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini797
mod_vvisit_counterKemarin974
mod_vvisit_counterMinggu ini6772
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6899
mod_vvisit_counterBulan ini13671
mod_vvisit_counterBulan Terakhir33798
mod_vvisit_counterSemua hari1145226

Online (20 menit yang lalu): 10
IP Anda: 18.207.255.49
,
Hari ini: 14 Des, 2019
ALSINTAN Mengudara di RRI Pro 1 Samarinda PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Margaretha   
Selasa, 06 September 2016 14:02

BPTP kembali menjadi narasumber dalam acara dialog interaktif perdesaan RRI Pro 1 Samarinda pada Jumat 2 September 2016, yang disiarkan keseluruh wilayah Kalimantan Timur. Topik yang diangkat adalah Alat Mesin Pertanian  (Alsintan) dengan narasumber peneliti pasca panen (Farid Rahmad Abadi) didampingi oleh Humas (Margaretha).

Farid menjelaskan keuntungan serta gambaran pertanian dengan menggunakan mekanisasi dalam proses pengolahan lahan. Mulai dari awal tanam, perawatan hingga panen bahkan untuk memantau hama serta jadwal tanam sudah dapat dilakukan dengan bantuan alat.

Dialog tersebut cukup seru karena selama siaran ada respon balik dari pendengar yang cukup antusia terhadap pertanian. Keingintahuan akan alsintan serta teknologi yang cocok digunakan di daerah mereka.

Pada kesempatan ini juga dijelaskan bahwa Badan Litbang Pertanian melalui BPTP Kaltim memiliki alat tanam (Indo Jarwo Trasplanter) dan alat panen (Mini Rice Combine Harvester). Kedua alat tersebut ada di kantor BPTP Kaltim, sehingga bagi yang ingin melihat, mencoba serta mengetahui lebih banyak tentang alat dapat mengunjungi langsung.

Alat tanam padi Indo Jarwo Trasplanter

Harapan kedepan petani nyaman dalam berusaha tani dengan menggunakan alsintan, karena akan menghemat waktu, biaya dan tenaga kerja yang selama ini menggunakan cara – cara tradisonal. Begitu juga dengan generasi muda mau terjun kedunia pertanian karena petani merupakan profesi yang dapat dibanggakan.

Alat Panen Padi Mini Rice Combine Harvester

 


 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com