Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini451
mod_vvisit_counterKemarin752
mod_vvisit_counterMinggu ini1860
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini15860
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1030652

Online (20 menit yang lalu): 9
IP Anda: 3.81.28.94
,
Hari ini: 20 Agus, 2019
Sinergi Peneliti dan Penyuluh untuk Membumikan Hasil Penelitian PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh admin   
Rabu, 31 Agustus 2016 15:15

Transfer teknologi pertanian perlu dipercepat untuk segera bisa membumikan hasil-hasil inovasi pertanian dari lembaga penelitian. “Sinergi peneliti dan penyuluh ini penting dilakukan untuk mendukung pertanian di daerah agar lebih maju lagi di tengah kompetisi pertanian global yang semakin ketat”. Demikian antara lain yang disampaikan Hidayanto, selaku Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kaltim pada acara temu koordinasi penyuluhan yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. Lebih lanjut Hidayanto menyampaikan bahwa peran para penyuluh pertanian di lapangan sangat penting, yaitu sebagai ujung tombak penyampai dan pendamping teknologi di lapangan, dan petani sangat membutuhkan keberadaan mereka.

Temu koordinasi penyuluhan dalam rangka diseminasi inovasi teknologi pertanian kepada para penyuluh lapangan, merupakan acara rutin yang digagas oleh BPTP Kaltim ini dilaksanakan setiap tahun di kabupaten/kota se-Kaltim dan Kaltara. Kegiatan ini diikuti oleh Dinas Pertanian, Badan/Kantor Penyuluhan Pertanian, BP3K, para petugas lapangan, KTNA, gapoktan, poktan dan peneliti serta penyuluh BPTP. Selain menyampaikan hasil-hasil penelitian, pengkajian dan rakitan inovasi teknologi pertanian spesifik lokasi, juga program kegiatan serta dihimpun permasalahan yang dihadapi para petugas lapangan/penyuluh di wilayah kerjanya masing-masing. Antara lain: bagaimana sinergi penyuluh pertanian dengan dinas dan instansi terkait, bagaimana ketersediaan sarana dan prasarana penyuluhan saat ini dan yang diharapkan, apakah model penyuluhan sudah tepat, apakah materi diseminasi pertanian perlu diperbaiki model atau metodenya, dan bagaimana dengan program kerja tahunan untuk penyelenggaraan penyuluhan di wilayah kerjanya.

Kegiatan ini cukup menarik, dan berbagai permasalahan, masukan dan saran untuk penyuluhan ke depan dilontarkan oleh para penyuluh lapangan. Antara lain yang mengemuka adalah masih perlunya sistem latihan dan kunjunhan atau LAKU, perlunya media sosial untuk komunikasi informasi dan permasalahan pertanian antara penyuluh dengan lembaga terkait.***

Photo Bersama Temu Koordinasi Penyuluhan di Kota Balikpapan 25 Juli 2016. Kepala BPTP (Hidayanto) bersama peneliti dan para penyuluh lapangan saat melakukan temu koordinasi penyuluhan.

Photo bersama Temu Koordinasi Penyuluhan di Kutai Barat, 30 Juni 2016. Kepala BPTP (Hidayanto) bersama para penyuluh lapangan.

 

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com