Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini288
mod_vvisit_counterKemarin808
mod_vvisit_counterMinggu ini5037
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini19037
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1033829

Online (20 menit yang lalu): 16
IP Anda: 34.204.179.0
,
Hari ini: 24 Agus, 2019
Panen Padi di Kukar, Mentan bantu Alsintan ke Petani PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Muryani P   
Rabu, 03 Agustus 2016 13:43

Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki luas wilayah 27.263,10 km2 dan luas perairan kurang lebih 4.907 km2 yang secara geografis terletak antara 115026’28” BT-117036’43” BT dan 1028’21” LU-1008’06” LS. Wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara berbatasan dengan Kabupaten Malinau di bagian utara, Kabupaten Kutai Timur di sebelah timur, Kabupaten Pasir dan Kota Balikpapan di bagian selatan, Kabupaten Kutai Barat di bagian barat, serta Kota Samarinda di bagian tengah. Secara administrative, Kabupaten Kutai Kartanegara terbagi dalam 18 wilayah kecamatan dan 237 desa/kelurahan.

Menteri Pertanian, H. Andi Amran Sulaiman bersama Bupati Kutai Kartanegarea, Rita Widya Sari dalam acara Panen Bersama di Ds. Bukit Biru - Kutai KartanegaraSelasa, tanggal 3 Agustus 2016 diadakan acara Panen Raya yang dihadiri oleh Menteri Pertanian Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP didampingi oleh Bupati Kutai Kartanegara Ibu Rita Widya Sari, Kepala Dandim, Kepala Korem Kabupaten Kutai Kartanegara, Kepala Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten,Kepala BP3K Kabupaten dan Kecamatan beberapa instansi Pertanian Kabupaten,Ketua UPSUS Pusat,Kepala BPTP Kaltim,DPRD Kabupaten,Bulog,Kepala Camat dan aparat Desa di Kecamatan Tenggarong, Swasta beserta Kelompok Tani  yang ada di Kecamatan Tenggarong.. Kegiatan tersebut merupakan rangkain kegiatan dalam mendukung program Pemerintah “SWASEMBADA PANGAN” yang diselenggarakan di Desa Bukit Biru Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara. Selain kegiatan panen bersama juga dilakukan dialog dengan kelompok tani untuk mencari solusi yang dihadapi oleh petani demi meningkatkan pendapatan dan produksi pertanian.

Dalam arahannnya, Menteri Pertanian mengutarakan rasa bangganya atas hasil yang diraih oleh Kabupaten Kukar sebagai sumbangsih padi terbesar di Provinsi Kalimantan Timur yang disusul oleh Kabupaten PPU, Kabupaten Paser dan Kabupaten Berau. Sehingga diharapkan kepada para petani untuk mempertahankan hasil panen agar Provinsi Kaltim tidak lagi mendatangkan beras dari luar daerah dengan jumlah yang besar.

Dalam kesempatan yang sama Menteri juga memberikan bantuan berupa alat mesin pertanian kepada para petani berupa hand tractor, combine harvester, pipa irigasi, benih bersertifikat dan sertifikat kepemilikan lahan. Menteri Pertanian juga memberikan tugas tambahan kepada daerah untuk menambah luas lahan pertanian dengan total luasan sebesar 10.000 ha pada tahun 2017. Dengan adanya bantuan alsintan ini petani diharapkan mempercepat proses pengolahan lahan dan menunjang masa panen, serta menekan biaya produksi untuk meningkatkan hasil panen di kabupaten tersebut.

Menteri Pertanian, H. Andi Amran Sulaiman bersama Bupati Kutai Kartanegarea, Rita Widya Sari dalam acara Panen Bersama di Ds. Bukit Biru - Kutai Kartanegara

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com