Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Suplemen Sinta
wbs
upg
Katam
pustaka

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini588
mod_vvisit_counterKemarin660
mod_vvisit_counterMinggu ini5059
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6072
mod_vvisit_counterBulan ini13968
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1028760

Online (20 menit yang lalu): 14
IP Anda: 3.227.10.125
,
Hari ini: 17 Agus, 2019
Efisiensi Tenaga dan Waktu dengan IndojarwoTransplanter PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Margaretha   
Selasa, 09 Februari 2016 08:19

Kebutuhan akan tenaga kerja dan waktu sangat berdampak terhadap membengkaknya biaya produksi yang dapat mengurangi pendapatan petani. Oleh sebab itu Litbang melalui BPTP Kaltim memperkenalkan salah satu teknologi dalam upaya untuk mempersingkat penyiapan lahan dan tanam adalah penggunaan traktor IndojarwoTransplanter yang berdampak meningkatkan efisiensi kerja, mengurangi biaya produksi serta meningkatkan hasil produksi pertanian.

Selasa,02/02/2016, BPTP Kaltim melakukan bimbingan teknis penggunaan alat mesin tanam padi IndojarwoTransplanter di desa Semangko,Kec. Marangkayu, Kab. Kutai Kartanegara. Pelatihan diikuti oleh Kepala UPTD Marang Kayu, Kepala BP3K Marang Kayu, Kepala Desa Semango, TNI serta Kelompok Tani Subur Jaya I.

“Untuk menanam 1 ha bibit padi, Indojarwo Transplanter hanya memerlukan waktu sekitar 5 – 6 jam atau setara kemampuannya dengan 25 tenaga kerja tanam”, Ujar Dr. Ir. M. Hidayanto dalam sambutannya. Sehingga dapat menurunkan biaya tanam sekaligus mempercepat waktu tanam. Target kedepan kita tidak hanya swasembada pangan tetapi akan mencapai ekspor beras, seperti yang dikatakan Menteri Pertanian.

Acara dilanjutkan dengan penjelasan serta penggunaan alat oleh Penyuluh BPTP Kaltim (Dr. Tarmisol, MP). Petani diajak menggunakan alat transplenter di lahan kelompok tani Subur Jaya tepatnya lahan pak Arman. Setelah melihat serta menggunakannya secara langsung, petani merasakan berbagai kemudahan dan keinginan memiliki.

Kepala BPTP Kaltim (Dr. Ir. M. Hidayanto, MP) mempraktekkan alat tanam padi indojarwo transplanter Foto bersama di lahan bimtek (pak Arman)

petani semangko, marangkayu mempraktekkan alat indojarwo Transplanter 2:1

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com