Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Katam
pustaka
Suplemen Sinta
wbs
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini702
mod_vvisit_counterKemarin795
mod_vvisit_counterMinggu ini3766
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini17766
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1032558

Online (20 menit yang lalu): 10
IP Anda: 34.236.190.216
,
Hari ini: 22 Agus, 2019
Kesiapan Cetak Sawah di Wilayah Kalimantan Timur PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Margaretha   
Rabu, 03 Februari 2016 08:12

Kamis(21/01) Rapat Koordinasi UPSUS Pajale kembali dilaksanakan di Ruang Pertemuan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kalimantan Timur. Rapat Juga memabahas permasalahan –permasalahan yang ada di masing – masing Kabupaten juga tentang kesiapan cetak sawah di wilayah Kalimantan Timur.Cetak sawah untuk Kalimantan Timur ada 4 Kabupaten yaitu:Kabupaten Berau,Kabupaten Kutai Timur,Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara

Pertemuan dihadiri oleh Penanggung Jawab UPSUS Wilayah Kalimantan Timur (Handewi),  Kepala Bidang PLA Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Kasiter Korem dan Kasidam Kalimantan Timur ,Kepala BPTP Kaltim dan LO, Kepala Dinas pertanian dari Kabupaten Berau, Kabupaten Kutim,  Kabupaten Kukar dan Kabupaten PPU dan para Pasiter Kodim jajaran Korem pada masing –masing empat Kabupaten

“Rakor ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan kerjasama perluasan sawah yang diwujudkan dalam rangka menambah luas baku lahan sawah antara Kementerian Pertanian dengan Kodam VI/Mulawarwan  dalam bentuk program swakelola”, ujar Farid dalam pembukaan pertemuan.

Program cetak sawah untuk wilayah Kalimantan Timur ditargetkan 2.535 Ha yang tersebar di 4 Kabupaten yaitu Kab. Penajam Paser Utara (50 Ha), Kab.Kutai Kartanegara (85 Ha), Kab. Berau (900 Ha), Ka. .Kutai Timur (1.500 Ha).

Penanggung Jawab UPSUS Pajale Handaya menambahkan bahwa luas cetak sawah ini bersifat fleksibel  tergantung dari hasil survey identification and disign (SID) oleh tim survey, data tersebut nantinya akan direkomendasikan menjadi luas cetak sawah baru. Target adalah akumulasi luasan yang dilaksanakan selama setahun, ini di sebabkan karena perbedaan antara potensi wilayah dan iklim.

“TNI akan terus mengawal dan membantu kegiatan ini dengan ikut langsung ke lokasi baik pembukaan lahan, penanaman hingga panen tetapi hal yang perlu mendapat perhatian adalah bagian administrasi, karena sebaik apapun di lapangan bila administrasi keuangan tidak bagus akan menjadi masalah di kemudian hari”, ujar kasdam di akhir rakor.

Rakor ditutup dengan penandantangan pada tanggal 21 Januari 2016 perjanjian antara Pejabat Pembuat Komitmen Dinas Pertanian dengan Kepala Pelaksana Lapagan Kodam VI/Mulawarman Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat tentang Perluasan Sawah di Kabupaten Penajam Pasar Utara, Kutai Kartanegara, Berau dan Kutai Timur.

Perluasan cetak sawah merupakan upaya dalam rangka mewujudkan swasembada pangan nasional tahun 2017 dengan tetap komit terhadap peruntukan lahan tersebut, tetap roduktif, tidak dibiarkan terlantar dan yang paling penting tidak tejadi alih fungsi lahan.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com