Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
wbs
upg
Katam
pustaka
Suplemen Sinta

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini289
mod_vvisit_counterKemarin808
mod_vvisit_counterMinggu ini5038
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini19038
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1033830

Online (20 menit yang lalu): 14
IP Anda: 34.204.179.0
,
Hari ini: 24 Agus, 2019
Normalisasi JIT, Solusi Optimalkan Lahan 2.000 Ha PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Margaretha   
Jumat, 06 November 2015 07:09

Salah satu permasalahan yang cenderung menghambat peningkatan produksi pangan, khususnya padi, adalah irigasi yang kurang memadai. Untuk memperbaiki keadaan ini, Pemerintah memprioritaskan dan merencanakan perbaikan jaringan irigasi agar tujuan meningkatkan produksi pangan nasional dapat tercapai.

Tim UPSUS Pusat, BPTP Kaltim, TNI, penyuluh, serta Camat Kabupaten Tenggarong Seberang, secara bersama-sama kemarin mendatangi dan melihat lokasi jaringan irigasi yang akan diperbaiki. Usulan perbaikan jaringan irigasi yang akan mendapatkan bantuan RJIT (Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier) adalah di Desa Karang Raya, Kecamatan Tenggarong  Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Perbaikan jaringan dilakukan dengan normalisasi jaringan irigasi selebar 6 m, kedalaman 5 m, dan panjang 1 km hingga tembus ke sungai Mahakam. Diharapkan, setelah diperbaiki jaringan irigasi ini dapat mengairi lahan sawah sekitar 2.000 Ha yang berada di tiga desa yaitu Tanjung Batu, Bukit Raya, dan Karang Raya.

Tim UPSUS Pusat, BPTP Kaltim, TNI, penyuluh, serta Camat Kabupaten Tenggarong Seberang tinjau Jaringan Irigasi Tersier di Tenggarong Seberang

Kecamatan Tenggarong Seberang yang saat ini merupakan penyumbang beras untuk Kabupaten Kutai Kartanegara sebesar 50%, diharapkan dapat meningkatkan produksi padinya. Perbaikan jaringan irigasi ini selain digunakan untuk mengubah lahan tidur yang selama ini tidak digunakan karena kekurangan air menjadi lahan produktif, juga digunakan untuk mengantisipasi banjir di saat musim penghujan.

 

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com