Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
wbs
Katam
Suplemen Sinta
upg

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini803
mod_vvisit_counterKemarin974
mod_vvisit_counterMinggu ini6778
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir6899
mod_vvisit_counterBulan ini13677
mod_vvisit_counterBulan Terakhir33798
mod_vvisit_counterSemua hari1145232

Online (20 menit yang lalu): 12
IP Anda: 18.207.255.49
,
Hari ini: 14 Des, 2019
Pengembangan Kawasan Peternakan di Lahan Eks Tambang PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Margaretha   
Jumat, 23 Oktober 2015 15:37

Diselimuti asap yang sedikit menghalangi, sejumlah petani sibuk membuat pagar penggembalaan sapi. Mereka tergabung dalam Kelompok Tani Gunung Jamuan, Desa Kertabuana, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara. Para petani ini bergotong royong membuat pagar penggembalaan sapi di lahan eks tambang.

Kelompok Tani Gunung Jamuan yang didirikan sejak 2006 dan diketuai Nyoman Nurite ini merupakan kelompok binaan BPTP Kalimantan Timur. Pada kegiatan pendampingan pengembangan kawasan peternakan ini, BPTP Kalimantan Timur memberi bantuan berupa kayu sebanyak empat rit truk dan kawat berduri sebanyak 70 rol. Bantuan ini diharapkan dapat membuat pagar penggembalaan seluas 3 hektar.

Pembuatan pagar dilakukan dengan cara yang cukup sedehana. Para petani membuat lubang sedalam kurang lebih 50 cm. Kemudian mereka menanam kayu-kayu bantuan ini dengan jarak antar tiang sejauh dua meter. Tiang-tiang ini kemudian dihubungkan dengan kawat berduri sebanyak 3 lapis secara sejajar.

Diharapkan, bantuan BPTP Kalimantan Timur ini lebih memudahkan para petani dalam memantau keamanan sapi-sapi mereka. Selain itu, model pengembangan lahan penggembalaan semacam ini juga dapat membuat sapi ternak menjadi lebih sehat.

Pembuatan pagar penggembalaan sapi di Kelompok Tani Gunung Jamuan

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com