Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka
Suplemen Sinta
wbs
upg
Katam

Media Sosial

Counter Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini592
mod_vvisit_counterKemarin877
mod_vvisit_counterMinggu ini4533
mod_vvisit_counterMinggu Terakhir5091
mod_vvisit_counterBulan ini18533
mod_vvisit_counterBulan Terakhir23925
mod_vvisit_counterSemua hari1033325

Online (20 menit yang lalu): 11
IP Anda: 18.232.171.18
,
Hari ini: 23 Agus, 2019
BPTP Kaltim bantu benih padi untuk perluasan areal tanam 150 Ha di Kutai Barat PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Margaretha   
Jumat, 02 Oktober 2015 08:16

Bongan, 29/9/15, Untuk mendukung Program Upaya Khusus (UPSUS) Peningkatan Produktivitas padi, jagung dan kedelai, Kementerian Pertanian telah mendukung pengembangan pertanian di Kalimantan Timur melalui dana APBN dan APBN-P tahun 2015, antara lain melalui kegiatan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT), Optimasi Lahan dan penyediaan alat dan mesin pertanian. Dalam upaya mendukung kegiatan tersebut, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Timur sebagai Institusi Pusat (Kementerian Pertanian) yang ada di daerah, telah menyerahkan benih padi Varietas Unggul Baru (VUB) sebesar 2,5 ton kepada para petani di Kecamatan Bongan, Kabupaten Kutai Barat untuk perluasan tanam periode April – September 2015, pada lahan sekitar 150 ha. VUB tersebut terdiridari Inpara 2 (inhibrida padi rawa-2), Inhibrida padi sawah irigasi (Inpari) 15, 30,32 dan Cibogo.

Penyerahan benih tersebut disampaikan pada saat tanam bersama, yang dihadiri oleh Kepala BPTP Kalimantan Timur, Kepala Dinas Perkebunan, Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kutai Barat, Dandim Kutai Barat, Para Danramil se Kabupaten Kutai Barat,Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kab.Kutai Barat, Camat Bongan, UPT Dinas Pertanian Bongan, Kelompok Tani dan Gapoktan Petani setempat. Acara tersebut dirangkai dengan Rapat Koordinasi UPSUS Kab. Kutai Barat yang dilaksanakan di Kecamatan Bongan. Rapat Koordinasi ini dilakukan untuk mensinkronkan data luas tanam dan data –data lainnya serta dalam upaya menjaring permasalahan yang dihadapi dalam rangka program Upaya Khusus (UPSUS) padi, jagung dan kedelai di Kab. Kutai Barat.

Kepala BPTP Kaltim (Dr.Ir.M.Hidayanto) menyampaikan bahwa dengan bantuan benih padi tersebut luas tanam periode April –September 2015 bisa menambah luas target tanam khususnya di Kabupaten Kutai Barat. Karena dari data hingga Minggu IV September 2015, dari target luas tanam 4.169 ha, baru tercapai 765 ha atau sekitar 18,35 %. Kondisi tersebut memang dipengaruhi oleh adanya musim kemarau yang berkepanjangan (elnino), sehingga beberapa luas daerah yang seharusnya sudah bisa ditanam, namun karena tidak ada air, sehingga luas tanam tidak seperti yang ditargetkan. Oleh karena itu perlu upaya – upaya pada akhir bulan September 2015 ini ada perluasan areal tanam di beberapa kawasan atau lokasi yang masih memungkinkan untuk segera ditanami.Lebih lajut disampaikan oleh Hidayanto bahwa upaya khusus peningkatan produktivitas padi ini dilakukan dalam rangka untuk bisa sawasembada beras atau bisa mencukupi kebutuhan beras sendiri khususnya di Kalimantan Timur, tanpa harus mendatangkan beras lagi dari luas daerah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com